Motor Trail VIAR Cross X 250 Bakal Seperti Apa Ya?

Viar-Trail-Cross-X-200-Indonesia-2014-2a

Bro sekalian. VIAR pada bulan Februari ini berpeluang meluncurkan dua produk sekaligus, yaitu Cross X 150 dan Cross X 250, yang merupakan motor bertipe dual sport/trail. Cross X 150 kemungkinan besar masuk dalam kelas entry level alias motor trail dengan harga yang sangat murah. Satu yang paling ditunggu adalah kehadiran Cross X 250 ini. Pertanyaannya, bakal seperti apakah Cross X 250 nanti?

Kalau mau tebak-tebakan, mungkin secara desain nggak akan jauh berbeda dengan Cross X 200 SE yang sudah dipasarkan oleh VIAR sekarang ini. Ukuran ban juga akan menganut ban besar 18 inch bagian belakang dan 21 inch di bagian depan. Kedua ban ini diperkirakan ukuran dan tipenya akan sama dengan Cross X 200 SE, ban tahun yang siap buat blusukan. Suspensi depan yang digunakan sudah bisa dipastikan menganut model upside down (USD). Lha wong Cross X 200 SE saja sudah USD kok, masa’ varian yang lebih tinggi malah teleskopik? Kan nggak mungkin.

Lha terus apa bedanya dengan Cross X 200 SE? Yang pasti mesinnya lebih besar karena mengusung kubikasi 250 cc. Kemungkinan besar sasisnya bakal beda, di mana Cross X 250 ini akan menggunakan sasis model twin spar seperti layaknya motor-motor SE (special engine). Wah kalau beneran seperti itu bakal ganteng banget nih motor! Semoga saja sasis twin spar yang dipasang itu nggak cuma bikin tampilan jadi ganteng saja, tapi juga berfungsi dengan baik sehingga handling motor jadi nyaman.

Salah satu yang cukup ditunggu adalah soal spesifikasi mesin. Ya, Adventuriderz pun masih sangat buta mesin apa yang bakal dipasang di Cross X 250. Kalau melihat mesin-mesin 250 cc yang banyak beredar di motor-motor buatan China, kemungkinan mengusung mesin 250 cc, SOHC, silinder tunggal, 4-tak, dan 4 klep. Berpendingin cairan atau udara masih belum jelas juga. Semoga saja power yang dikeluarkan nggak terpaut jauh dengan Kawasaki KLX 250. Kalau KLX 250 bisa mengeluarkan tenaga hingga 24 HP/9.000 rpm dan torsi 21 Nm/7.000 rpm, nah VIAR Cross X 250 SE punya power 18-20 HP juga udah bagus kok.

Hal lain yang juga bikin penasaran adalah soal harga. Sekarang Cross X 200 SE dijual dengan harga Rp 20,5 juta, beranikah VIAR membandrol Cross X 250 di rentang harga antara 25-28 juta? Kalau berani sih top banget, karena di rentang harga yang sama ada Kawasaki KLX 150 series. Di posisi itu, konsumen akan menganggap KLX 150 overprice, walaupun nyatanya memang overprice. Lagipula konsumen masih banyak yang mampu mengeluarkan uang kalau harganya di bawah Rp 30 juta. Kalau di atas Rp 30 juta berbekal brand VIAR sih menurut Adventuriderz akan sangat sulit penjualannya bisa moncer.

Contact Me:


Advertisements