KMI dan YIMM Sudah Main Trail 250 cc, AHM Kapan?

Honda-CRF250L-003

Motor berjenis dual sport atau trail sebenarnya adalah motor yang paling pas digunakan di berbagai kondisi jalan di Indonesia. Nggak cuma buat blusukan di pegunungan, perkebunan, hutan, dan daerah-daerah terpencil lainnya, tapi juga di perkotaan. Sobat sudah tau sendiri kan jalanan di kota besar sekalipun nggak sepenuhnya mulus, banyak lubang, dan bahkan sering kali banjir. Motor dengan ground clearance tinggi dan siap melibas berbagai kondisi medan adalah solusi yang sangat tepat.

Tapi sayangnya, berbagai pabrikan besar kurang minat bermain di segmen ini. Lihat saja, dari empat pabrikan Jepang, mana yang sudah main di segmen dual sport? Praktis hanya Kawasaki Motor Indonesia (KMI) melalui varian KLX 150 series dan KLX 250. Tahun ini Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mulai ikut-ikutan terjun dengan produk WR250R. Memang jika dibandingkan dengan KLX 250, WR250R ini lebih canggih, lebih advance, lebih bertenaga, lebih bertorsi, dan tentu saja lebih mahal.

Nah, jika ada pabrikan besar yang ikut terjun, maka Astra Honda Motor (AHM) sebagai penguasa pasar roda dua di Indonesia biasanya juga latah ikut-ikutan. Apalagi kalau yang menyulut itu Yamaha, jadi sudah! Contohnya saat Yamaha pertama kali membuat motor skutik melalui Mio, Honda kebakaran jenggot dan ikut masuk; ketika Yamaha punya Vixion yang sangat laris, Honda bikin CB150R Street Fire; saat Yamaha melokalkan YZF-R15, Honda ikut melokalkan CBR150R; Yamaha produksi YZF-R25, Honda bingung mengembangkan motor sport 250 cc dua silinder yang sekarang belum diketahui namanya; dan ketika Yamaha menjual moge, Honda pun ikut latah akan menjualnya di tahun ini.

Tahun ini Yamaha dipastikan memasukkan motor dual sport WR250R ke Indonesia. Motor dual sport yang sangat premium karena dibandrol hingga Rp 93 juta OTR Jakarta. Kalau cuma Kawasaki atau Suzuki yang main, biasanya Honda nggak akan kena kompor. Beda cerita kalau Yamaha yang turun, sudah sangat lazim kalau Honda ikutan panas. Sekarang udah ada kompornya si Yamaha yang bakal jual WR250R, Honda kira-kira bakal ikutan nimbrung di segmen dual sport nggak ya? Kalau mau, produk dual sport punya Honda juga nggak main-main kok, CRF250L! Yaps, CRF250L paling nggak masih bisa bejaban dengan KLX 250 dan WR250R. Mungkin Honda bisa memasukkannya dengan cara impor, persis seperti moge-moge yang dipasarkan pada tahun ini. Soal market, segmen dual sport 250 cc memang kecil mengingat harganya yang nggak murah. Tapi segmen ini dinilai sudah cukup matang dan pasti akan ada saja yang beli.

Contact Me:


Advertisements