KMI Mesti Gencar Promosikan Ninja RR Mono & Z250SL

Kawasaki-Ninja-250-RR-Mono-004

Tidak terasa, Kawasaki Ninja RR Mono atau yang di luar negeri dikenal dengan sebutan Ninja 250SL, telah memasuki usia satu tahun. Saudara Ninja RR Mono, yaitu Z250SL, juga hampir memasuki usia satu tahun seperti pendahulunya itu.

Di awal peluncurannya, Ninja RR Mono dan Z250SL mendapatkan sambutan yang positif dari banyak pihak. Dengan desain yang sangat cantik, body mungil, dan mesin yang lumayan oke, membuat Ninja RR Mono digadang-gadang menjadi pengganti yang pas bagi Ninja RR (150 cc 2-tak). Secara garis desain, antara Ninja RR Mono dengan Ninja RR juga mirip, terutama pada bagian headlamp.

Sayangnya, sekarang kok Ninja RR Mono dan Z250SL gaungnya udah nggak ada lagi ya? Kedua motor ini juga tidak cukup banyak berkeliaran di jalanan. Adventuriderz hanya sesekali saja melihat Ninja RR Mono maupun Z250SL di jalanan. Jauh berbeda dengan kakaknya, Ninja 250 dan Z250, yang lebih mudah ditemui di jalanan.

Kalau soal desain, Ninja RR Mono dan Z250SL sangat menarik. Ukuran kedua motor yang compact membuatnya pas untuk ukuran rider Indonesia. Malah Adventuriderz sempat tertarik dengan Z250SL dan sampai saat ini masih masuk list motor yang jadi target. Sektor mesin pun nggak ada yang salah dengan Ninja RR Mono dan Z250SL. Menggunakan basis mesin KLX 250, mesin motor ini tergolong torque, tarikan bawahnya enak dengan top speed yang cukup oke. Mesin KLX 250 itu di-tunning ulang oleh teknisi Kawasaki sehingga bisa menghasilkan power 28 HP, hanya kalah sedikit saja dibandingkan dengan Honda CBR250R yang sama-sama satu silinder.

Bagaimana dengan harga? Ya kalau dilihat, harga Ninja RR Mono dan Z250SL value-nya sangat baik. Gimana nggak? Ninja RR Mono dihargai Rp 42,9 juta, Ninja RR Mono ABS Rp 48,9 juta, Z250SL Rp 39,6 juta, dan Z250SL ABS Rp 45,5 juta. Bandingkan dengan Honda CBR250R yang sama-sama satu silinder, dibandrol dengan harga Rp 48-56 juta. Harga Ninja RR Mono dan Z250SL tentu saja jauh lebih menarik. Lalu, apa yang salah?

Kalau Adventuriderz menilai sih masalah promosi. Tim marketing KMI sepertinya nggak bekerja dengan baik untuk memperkenalkan Ninja RR Mono dan Z250SL kepada masyarakat. Market Ninja 250 sudah terbentuk dengan sangat baik karena KMI sudah memasarkannya sejak 2008 dan selama bertahun-tahun menjadi penguasa market motor 250 cc. Sekarang, mindset masyarakat itu kalau motor 250 cc ya Ninja 250 (dua silinder). Mereka nggak tau kalau Kawasaki juga punya produk 250 cc lainnya yang menggunakan mesin satu silinder dengan harga lebih murah, yaitu Ninja RR Mono dan Z250SL.

Sekarang pertanyaannya, dana marketingnya yang nggak ada, atau KMI sengaja nggak terlalu fokus jualan Ninja RR Mono dan Z250SL ya? KMI sepertinya lebih push Ninja 250 dan kedua motor satu silinder ini bagaikan anak tiri. Padahal Ninja RR Mono dan Z250SL itu produk global lho, diekspor ke berbagai negara termasuk Eropa dan Jepang. Sangat sayang kalau KMI menyia-nyiakan Ninja RR Mono dan Z250SL. Apalagi KMI yang menjadi basis produksi motor ini bagi pasar internasional. Ayo KMI, semangat jualan produk sendiri.. Iklanin Ninja RR Mono dan Z250SL di TV. Mosok produk impor yang diurusin melulu.. Xixixi

Contact Me:


Advertisements