Tujuh Tahun Absen, Ducati Balik Lagi ke Pasar India


Ducati-Scrambler-001

Setelah sekitar tujuh tahun absen, sejak 2008, pabrikan motor asal Italia, Ducati, ternyata masih tertarik dengan pasar roda dua India yang memang sangat menggiurkan. Konon, dulu Ducati cabut dari India karena penjualan yang tidak menggembirakan, ditambah lagi kesalahan dalam memilih mitra lokal di India.

Saat itu Ducati bermitra Precision Motor sebagai distributor resmi yang mengurus berbagai operasional Ducati di India. Sayangnya, bisnis Ducati di India tidak berjalan mulus. Penjualan motor di sana rendah, dan Precision Motor dianggap gagal dalam mengembangkan layanan purna jual Ducati di India. Ducati pun memilih angkat kaki dari pasar roda dua India di saat pabrikan lain saling beradu untuk masuk.

Berdasarkan strategi yang baru, Ducati lebih memilih untuk tidak terlalu mengandalkan sumber daya lokal di India. Mungkin kapok kali ya setelah pengalaman tidak menyenangkan dengan Precision Motor. Sebagai gantinya, seluruh personil yang akan ditempatkan di India sudah siap dan dilatih oleh Ducati. Selain itu, seluruh operasi akan berada di bawah kendali Ducati pusat. Intinya, Ducati sangat meminimalkan keterlibatan mitra lokal. Salah satu sumber daya lokal yang diandalkan adalah para sales, namun seluruh bisnis akan berada di bawah kendali Ducati untuk memastikan layanan purna jual dilakukan dengan baik.

Motor apa saja yang akan dibawa oleh Ducati ke India? Yups, penjualan motor Ducati di India akan dimulai pada Maret atau April tahun ini dengan membuka dua showroom, yakni di Gurgaon dan Mumbai. Seluruh lineup motor Ducati juga akan diboyong ke India kok, termasuk motor baru yang menjadi favorit konsumen, Ducati Scrambler. Khusus untuk Scrambler, motor ini akan didatangkan secara utuh dari Thailand, bukan dari Italia. Kenapa? Karena India dan Thailand memiliki perjanjian perdagangan, sehingga pajak/bea masuk yang dikenakan lebih murah. Tentu imbasnya Ducati bisa menentukan harga yang tepat untuk motor yang diimpor dari Thailand.

Contact Me:


Advertisements