Pasarkan Kawasaki Vulcan S 650, KMI Terapkan Strategi Jitu

Kawasaki-Vulcan-S-650-007

Dalam waktu yang tidak lama lagi Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akan merilis motor sport teranyar mereka yang bertipe cruiser. Yups, apalagi kalau bukan Kawasaki Vulcan S 650. Ini akan menjadi satu-satunya produk motor cruiser yang dimiliki oleh KMI.

Kalau dilihat dari kasus yang sudah-sudah, KMI ini cenderung selalu membuka pasar baru dan emoh head-to-head dengan pabrikan besar seperti Astra Honda Motor (AHM) dan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). KMI lebih senang menerapkan strategi blue ocean dan bermain seorang diri. Ya walaupun pada akhirnya ketika penjualan sudah semakin bagus, AHM dan YIMM mulai melirik dan ikut terjun, timbullah red ocean.

Itu sudah terbukti lhoo.. Dulu KMI bermain sendirian di segmen motor 250 cc (Ninja 250), kemudian AHM mulai ikutan dengan impor CBR250R, dan YIMM ikut terjun lewat R25. Di segmen moge, saat jualan KMI laris manis, ya otomatis YIMM ikut nimbrung, dan pada tahun ini AHM juga bakal ikutan impor moge ke Indonesia. Kalau KMI nggak memasukkan ER-6n, Ninja 650, Versys 650, Ninja ZX-6R, Z800, Ninja 1000, dan Z1000, mungkin YIMM nggak akan tertarik memasukkan R6, R1, VMAX, hingga MT-09 yang akan nongol pada tahun ini.

Balik lagi ke Vulcan S 650, segmen ini memang masih benar-benar baru dan masih kosong. Nggak ada pabrikan lain yang bermain di kelas ini. Satu yang paling dekat ada Harley Davidson (HD) Street 500, tapi harganya nggak bisa dibandingkan dengan Vulcan S 650. Lha HD Street 500 harganya 250 juta off the road kok, sedangkan Vulcan S 650 cuma Rp 155 juta on the road Jakarta. Tapi ya antara HD Street 500 dan Vulcan S 650 nggak bisa dibandingkan apple-to-apple. HD ya tetap HD, sebuah brand motor yang sangat legendaris dari Amerika Serikat. Sementara Kawasaki ya tetaplah Kawasaki, brand Jepang yang menyajikan motor berkualitas dengan harga yang masuk di kantong… Susah membandingkannya…

Kenapa Adventuriderz menilai strategi KMI memasarkan Vulcan S 650 tergolong strategi jitu? Pertama, tentu Vulcan S 650 untuk menjaring para penggemar motor cruiser yang enggan mengeluarkan duit banyak untuk membeli motor HD. Kapan lagi coba bisa membeli motor cruiser seharga Rp 150 jutaan? Nggak ada pabrikan lain yang menawarkan harga segitu di Indonesia… Mau itu HD, Victory, atau Indian, semuanya mahaaaaall!!

Alasan kedua, Vulcan S 650 akan melengkapi lineup motor 650 cc yang dijual oleh KMI. Seperti yang sudah sobat ketahui, KMI saat ini sudah menjual ER-6n, Ninja 650, dan Versys 650. Keempat motor itu menggunakan mesin dan sasis yang sama, hanya model dan fungsinya dibuat berbeda. Konsumen mau pilih motor yang macho ada ER-6n, pengen yang sporty ada Ninja 650, konsumen hobby touring jarak jauh dikasih opsi Versys 650, suka dengan motor cruiser yang nyaman dikendarai ada Vulcan S 650. Lengkap! Selain itu, KMI nggak perlu investasi lagi, khususnya untuk training teknisi, karena problem solving kalau ada permasalahan 90 persen sama dengan ER-6n, Ninja 650, dan Versys 650.

Nah, strategi pricing yang diterapkan oleh KMI untuk Vulcan S 650 juga sudah cukup masuk lah.. Rp 155 juta untuk sebuah motor cruiser 650 cc dua silinder, spare parts nggak begitu sulit, jaringan 3S banyak, mesin bandel dan sudah sangat teruji, tentu menjadi pilihan yang menarik. Kalau Vulcan S 650 sukses di pasaran, bukan nggak mungkin YIMM dan AHM bakal latah dan ikut-ikutan juga…

Contact Me:


Advertisements