Yamaha NMAX Benar-Benar Bikin Honda PCX Overpriced!

Yamaha-NMax-155-001

Pada tanggal 10 Februari nanti Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bakal meluncurkan scooter anyar mereka, Yamaha NMAX. Motor ini berbeda dengan skuter Yamaha lainnya sob, karena sudah masuk ke dalam kategori scooter premium.

Soal desain, Yamaha NMAX memang manteb banget, body bongsor layaknya maxi scooter gaya Eropa. Motor yang diproduksi oleh YIMM ini memang sebuah produk global yang nantinya bakal diekspor ke sejumlah negara di dunia, seperti yang sudah dilakukan pada motor sport Yamaha YZF-R25. Manteb banget nggak tuh? Bagaimana di sektor mesin? Scooter yang sudah mengaplikasikan teknologi Blue Core dari Yamaha ini menggunakan mesin 155 cc berpendingin cairan. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 15 PS dan torsi 14,4 Nm. Lumayan banget lah untuk sebuah scooter bermesin kecil.

Menurut Adventuriderz, dengan adanya Yamaha NMAX ini yang terkena imbas sangat signifikan tentu saja adalah Honda PCX 150 yang dipasarkan oleh Astra Honda Motor (AHM). Apalagi Yamaha NMAX punya banyak keunggulan dibandingkan dengan Honda PCX. Apa saja keunggulan Yamaha NMAX dibanding Honda PCX? Yuk kita daftar satu per satu. Pertama, body Yamaha NMAX lebih bongsor, lebih tinggi, lebih lebar, dan lebih panjang; power dan torsi Yamaha NMAX lebih unggul; Yamaha NMAX sudah menerapkan double disc brake lengkap dengan sistem ABS, sementara Honda PCX mengaplikasikan rem cakran di depan dan rem tromol di belakang dengan sistem CBS (Combi Brake System); dan ban Yamaha NMAX berdiameter lebih kecil (13 inch) tapi lebih gambot, sedangkan ban Honda PCX berdiameter 14 inch namun tampak kurus.

Lho terus apa keunggulan Honda PCX? Keunggulan Honda PCX adalah sudah menerapkan sistem eSP, di mana sistem starternya lebih canggih dan senyap melalui ACG Starter dan sudah menggunakan idling stop system. Selain itu, Honda PCX punya alarm, socket power untuk ngecharge HP, apa lagi ya? Mungkin sobat sekalian bisa menambahkan.

Nah, salah satu yang paling krusial sebenarnya masalah harga. Harga Yamaha NMAX benar-benar bisa membunuh Honda PCX. Bayangkan saja, untuk Yamaha NMAX ABS akan dijual dengan harga Rp 27,4 juta. Jauh berbeda dengan Honda PCX yang dijual dengan harga Rp 39 jutaan atau hampir Rp 40 juta. Dengan harga ini, jelas Honda PCX tampak sangat overpriced!! Salah satu kelemahan Honda PCX adalah didatangkan melalui impor utuh (CBU) dari Vietnam, sedangkan Yamaha NMAX dibuat di Indonesia.

Memang bagi sebagian konsumen ada pride kalau menggunakan motor CBU. Tapi kalau ada produk lokal dengan berbagai spesifikasi yang lebih unggul plus harga jauh lebih murah, tentu bakal pikir-pikir lagi beli produk CBU. Kalau segmen atas sudah kena, di segmen bawah kemungkinan juga bisa kena. Yamaha NMAX versi non ABS berpeluang dijual dengan harga Rp 22-23 jutaan. Harga ini tentu akan mempengaruhi pembeli potensial Honda Vario 150 yang ada di angka Rp 19-20 juta.

Honda-PCX-150-001

Contact Me:


Advertisements