Seperti Inikah Tampilan Calon Yamaha Byson Injeksi?


Yamaha-FZ-S-FI-India-004

Sobat Adventuriderz… Pada tahun ini Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bakal melakukan update terhadap Yamaha Byson. Sudah tentu Yamaha akan membenamkan sistem pembakaran injeksi kepada Byson yang sampai saat ini masih menggunakan karburator.

Belakangan ini sejumlah kabar mengatakan bahwa Yamaha Byson injeksi akan memiliki desain dan spesifikasi mesin sama persis dengan Yamaha FZ-S FI yang dipasarkan oleh Yamaha India. Bukan apa-apa sih sob, Yamaha Byson sendiri memang asal muasalnya dari Yamaha FZ16 di India sana. Yamaha India kemudian memberikan update FZ16 menjadi FZ-S FI. Jika benar Byson injeksi mengacu pada FZ FI India, apa yang beda dari Byson sekarang dengan Byson injeksi nanti?

Secara garis besar, desain Byson sekarang mirip dengan calon Byson injeksi. Hanya ada perubahan minor pada tampilan, seperti desain shroud yang berbeda, knalpot model baru, dan yang paling terlihat adalah jok model terpisah atau split. Selain itu, bakal sama persis. Tangki masih menggembung besar, suspensi depan besar, serta mengaplikasikan velg lebar dan ban gambot. Mantaaaap!! Satu hal yang masih belum ada di sektor rem belakang. Apakah akan sama seperti sekarang menggunakan model drum atau sudah menggunakan cakram. Kalau mengacu pada FZ FI India sih masih pakai model drum. Tapi ada baiknya YIMM memasangkan cakram di Byson terbaru. Selain pengereman bisa lebih efektif, penampilan juga lebih keren.

Nah, di sektor mesin, calon Byson injeksi sudah mengaplikasikan teknologi Blue Core dari Yamaha, seperti halnya scooter Mio M3 yang sudah beredar sekarang. Sayangnya, kubikasi mesin calon Byson injeksi terkena sunatan kang mas. Jika Byson sekarang mempunyai kubikasi mesin153 cc yang bisa mengeluarkan tenaga 14 PS/7.500 rpm dan torsi 13,6 Nm/6.000 rpm, maka calon Byson injeksi hanya mengusung kubikasi 149 cc. Tenaga calon Byson injeksi pun disunat hanya 13,1 PS/8.000 rpm dan torsi 12,8 Nm/6.000 rpm saja. Sebuah tindakan yang cukup aneh memang. Padahal selama ini pengguna Yamaha Byson banyak yang mengeluhkan performa motor lemot, eh next Byson malah dibuat lebih lemot lagi!!!

Menurut Adventuriderz, penampilan baru Byson ini cukup menarik. Desain terlihat lebih fresh, terutama pada bagian headlamp dan shroud. Satu hal yang minus di mata Adventuriderz adalah di bagian jok. Adventuriderz menilai desain jok Byson yang sekarang lebih menarik dan lebih nyaman dibandingkan dengan model split seperti itu. Ya penilaian orang bisa beda-beda kan ya. Itu hanya pendapat pribadi saja. Konon, calon Byson injeksi ini sudah ada di Indonesia dan sedang diuji oleh YIMM. Ntah kapan nongolnya, mungkin nggak akan lama lagi sih. Ditunggu aja yak!!

Yamaha-Byson-001

Contact Me:


Advertisements