Mungkinkah VIAR Cross X 250 Dibandrol Rp 24 Jutaan??

VIAR_Jelajah_Indonesia_3

Cross X 250, motor trail/dual sport terbaru dari produsen lokal, VIAR, secara resmi akan diluncurkan pada 22 Februari 2015 mendatang di Semarang (Baca: 22 Februari, VIAR Launching Motor Trail Cross X 250). VIAR Cross X 250 akan menjadi varian tertinggi di jajaran produk motor trail VIAR. Sudah pasti secara body akan lebih besar dan spesifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan Cross X 200 SE.

Menurut selentingan kabar, motor 250 cc yang dibekali dengan sasis twin spar ini akan dibandrol dengan harga Rp 24 jutaan saja atau hanya selisih Rp 4 jutaan dibandingkan dengan Cross X 200 SE. Bagi Adventuriderz, bandrol harga ini sangat mengejutkan. Bagaimana tidak? Sebuah motor dual sport 250 cc harganya masih lebih murah dibandingkan dengan motor dual sport 150 cc brand Jepang. Padahal awalnya Adventuriderz memperkirakan Cross X 250 dibandrol sekitar 27 jutaan, sama dengan harga dual sport brand Jepang.

Yah di satu sisi cukup masuk akal juga kalau VIAR hanya berani membandrol Rp 24 jutaan meskipun itu adalah motor 250 cc. Dari segi kualitas, mungkin masih bisa jadi perdebatan kalau membandingkan antara VIAR dan brand Jepang. Tapi soal brand dan jaringan 3S (sales, service, spare parts), VIAR harus mengakui kalau brand Jepang lebih unggul. Menjual produk dengan harga murah bisa menjadi cara jitu untuk melakukan penetrasi pasar bagi perusahaan yang masih sering dianggap sebelah mata oleh konsumen ini. Setelah banyak orang menggunakan produk VIAR dan mengakui produknya bagus serta berkualitas, barulah VIAR bisa memasang harga yang lebih tinggi. Kadang konsumen memang terpaksa membayar lebih mahal hanya untuk sebuah brand.

Last, produk-produk VIAR sekitar 70 persen menggunakan bahan baku lokal. Sasis, mesin, suspensi, dan knalpot merupakan beberapa contoh parts yang dibuat di Indonesia. Contoh parts yang masih impor di antaranya karburator yang didatangkan dari China karena belum ada vendor lokal yang bisa menyediakan karburator berkualitas baik. Kandungan komponen lokal yang sudah cukup tinggi ini juga bisa menekan harga jual motor. Jika benar Cross X 250 dibandrol Rp 24 jutaan, Adventuriderz mengacungi dua jempol untuk VIAR, sebuah produk lokal yang sangat layak untuk mendapatkan apresiasi. Meskipun demikian, kabar ini masih unconfirmed, masih belum pasti. Kejelasan baru bisa kita liat nanti tanggal 22 Februari 2015. Mungkinkah di angka Rp 24 jutaan?

Contact Me:


Advertisements