Crossfire XZ250R, Dirt Bike Asal China dengan Performa Menawan


Crossfire-XZ250R-001

Hallo sobat Adventuriderz, sudah pernah mendengar brand motor bernama Crossfire Motorcycle? Yups, tentu kita masih sangat asing dengan nama tersebut. Itu adalah sebuah brand motor yang berbasis di Australia. Sebenarnya Crossfire Motorcycle bukanlah sebuah produsen motor, melainkan hanya dealer. Dari mana asal motornya? Berdasarkan informasi di website Crossfire Motorcycle, mereka mendapatkan motor maupun produk lainnya dari supplier yang berasal dari tiga negara, yaitu China, Amerika Serikat, dan Kanada. Tapi ya sudah pasti supplier terbesar berasal dari negeri tirai bambu.

Nah, siapa yang menyangka kalau brand yang tidak banyak dikenal itu mempunyai produk dirt bike yang cukup oke. Namanya adalah Crossfire XZ250R. Sebagai motor garuk tanah murni,Crossfire XZ250R mempunyai desain yang cukup menawan. Sasis twin spar dan suspensi upside down yang terpasang pada tubuh Crossfire XZ250R membuatnya terlihat sangat kokoh dan macho. Apalagi pada bagian mesinnya juga terlihat sangat padat. Kegagahan Crossfire XZ250R semakin lengkap karena ditopang oleh ban berukuran 18-21 inch. Luar biasa mantab!!

Penasaran siapa yang memproduksi motor ini? Bukan Amerika Serikat, bukan pula Kanada. Tapi produsen roda dua raksasa asal China, Zongshen. Oleh Zongshen, Crossfire XZ250R dilengkapi dengan mesin 243 cc, SOHC, 4-tak, dan berpendingin cairan. Nggak heran kalau tampilan di bagian mesin terlihat sangat padat. Untuk sistem pembakaran, Crossfire XZ250R masih menggunakan karburator 30 mm buatan Mikuni. Menurut klaim Crossfire Motorcycle, mesin 250 cc ini bisa menyemburkan tenaga maksimal hingga 26,1 HP/9.000 rpm. Jika ada penyimpangan, mereka mengklaim penyimpangan terjadi kurang lebih antara 1-5 persen dari klaim tersebut.

Soal dimensi, Crossfire XZ250R dipastikan sangat tinggi dengan ketinggian jok mencapai 920 mm. Ukuran tinggi jok seperti itu sebenarnya sudah cukup lumrah untuk motor dirt bike. Apalagi ground clearance juga tinggi, mencapai 320 mm. Dijamin anti nyangkut saat melibas terrain yang tinggi sekalipun. Salah satu hal yang menurut Adventuriderz cukup istimewa adalah bobotnya sob. Zongshen bisa meracik motor 250 cc seperti ini dengan bobot yang hanya 115 kilogram saja. Power 26 HP plus bobot yang super ringan hanya 115 kilogram tentu saja membuat performa Crossfire XZ250R di atas kertas nggak main-main.

Selain Crossfire XZ250R, ternyata ada produk setipe yaitu Crossfire XZ250RR. Pada dasarnya Crossfire XZ250RR ini merupakan versi upgrade dari Crossfire XZ250R. Apa saja bedanya? Yang jelas Crossfire XZ250RR menggunakan karburator 34 mm buatan Dellorto (Italia), radiator yang lebih besar, velg dari bahan alumunium magnesium, suspensi depan yang lebih bagus, gear set yang lebih besar, dan beberapa fitur lain yang tidak begitu nampak oleh mata. Imbasnya, Crossfire XZ250RR bisa menghasilkan tenaga yang lebih mumpuni. Yups, versi upgrade ini mampu mengeluarkan tenaga puncak hingga 30 HP/9.000 rpm. Nikmatnya lagi, bobot masih tetap bisa dipertahankan 115 kilogram. Tambah bengis aja nih!!

Di Australia, Crossfire XZ250R dijual dengan harga A$ 2.799 atau setara dengan Rp 27,7 juta dengan kurs Rp 9.900. Kalau Crossfire XZ250RR jelas harganya lebih mahal sob, wong speknya jauh lebih yahud! Ya, di negeri kanguru Crossfire XZ250RR dibandrol A$ 3.799 atau setara dengan Rp 37,6 juta. Mungkinkah salah satu atau kedua motor buatan Zongshen ini masuk ke Indonesia? Sangat mungkin sekali sob, dan peluang itu sangat besar. Minggu depan salah satu pabrikan lokal kita bakal launching motor ini kok.

Contact Me:


Advertisements