Kalau Byson Half Fairing (Fazer) Dijual di Indonesia, OK Nggak?


Yamaha-Fazer-FI-India-002

Yamaha Byson versi injeksi (Fuel Injection/FI) kemungkinan besar segera hadir di Indonesia dan produksi oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Byson memang menjadi satu-satunya produk YIMM yang belum mendapatkan sistem pembakaran yang lebih canggih itu. Seperti apa penampakan calon Byson injeksi? Adventuriderz pernah mengulasnya di artikel Seperti Inikah Tampilan Calon Yamaha Byson Injeksi?

Byson itu asal muasalnya dari India, yang dipasarkan di sana dengan nama Yamaha FZ16. Penerus Byson nantinya yang sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi, juga berasal dari India dan dijual di sana dengan nama Yamaha FZ FI. Nah, di India sebenarnya ada satu lagi sob motor yang masih turunan dari FZ16/FZ FI. Yups, tidak salah lagi, itu adalah Yamaha Fazer FI.

Fazer FI ini merupakan merupakan FZ FI yang sudah diberi fairing. Namun, fairing pada Fazer ini nggak penuh, melainkan hanya berupa half fairing. Selebihnya nggak ada perbedaan. Mesin tetap sama, mengusung kubikasi 149 cc, SOHC, 2 valve, berpendingin udara, dan menggunakan transmisi 5 percepatan. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga maksimal 13,1 PS/8.000 rpm dan torsi maksimal 12,8 Nm/6.000 rpm. Asli sama persis dengan FZ FI yang merupakan calon Yamaha Byson FI di Indonesia.

Bagaimana  kalau Fazer FI sekalian dipasarkan di Indonesia? Sebenarnya jika Yamaha Indonesia mau memproduksi Fazer FI bisa membuka pasar baru, khususnya bagi kalangan pecinta touring. Fazer FI memang ditujukan bagi penggemar touring, di mana motor hanya dilengkapi dengan half fairing untuk menahan angin lebih bagus, namun posisi stang tetap tegak sehingga memberikan kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh.

Memang motor dengan konsep setengah-setengah seperti ini kurang lazim di Indonesia. Umumnya di Indonesia lebih mengenal motor full fairing atau full naked. Sejauh ini sepengetahuan Adventuriderz hanya ada satu produk motor half fairing kubikasi rendah yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Bajaj Pulsar P220. Sayangnya, Bajaj sudah hengkang dari Indonesia, jadi motor itu juga sudah menghilang dari pasaran motor baru. Market motor half fairing kalau dilihat juga nggak begitu besar, tapi masih ada saja kok yang beli. Nggak ada salahnya kalau Yamaha mencoba memasarkan motor ini. Toh 90 persen Fazer FI ini common parts dengan calon Byson injeksi. Perbedaan hanya terdapat di bagian fairing saja. Mestinya sih nggak perlu keluar biaya banyak untuk memproduksi Fazer FI. Gimana menurutmu sob, cakep nggak Byson half fairing?

Contact Me:


Advertisements