VIAR Cross X 250 Dipastikan Nyomot dari Zongshen XZ250R


Crossfire-XZ250R-001

Halo sobat, seminggu lagi tepatnya tanggal 22 Februari 2015 produsen motor lokal, VIAR, akan meluncurkan motor trail terbaru mereka, VIAR Cross X 250. Banyak pertanyaan mengenai tampilan dan spesifikasi VIAR Cross X 250, dan kini sudah terungkap dengan jelas sob kalau Cross X 250 nyomot dari salah satu produk buatan Zongshen asal China.

Berdasarkan flyer yang sudah banyak tersebar mengenai peluncuran Cross X 250, di sana terdapat sebuah foto yang menampilkan motor trail dengan sasis twin spar dan bertuliskan XZ250R. Tampilan flyer itu bisa sobat lihat di postingan 22 Februari, VIAR Launching Motor Trail Cross X 250. Dan kemarin ini Mas Iwan Banaran (IWB) menampilkan foto yang sangat gamblang mengenai sosok Cross X 250. Dari foto yang ada di flyer dan di postingan Mas IWB, sudah jelas kalau Cross X 250 sangat identik dengan Crossfire XZ250R yang dijual oleh sebuah perusahaan Australia tapi motornya dibuat oleh Zongshen (Baca: Crossfire XZ250R, Dirt Bike Asal China dengan Performa Menawan). So, Adventuriderz bisa menyimpulkan kalau VIAR Cross X 250 itu memang sama dengan Zongshen XZ250R, baik dari segi desain maupun mesinnya. Sama pleeeek!!

Soal desain, memang harus Adventuriderz akui kalau desainnya sangat ciamik. Mengusung sasis twin spar, suspensi depan upside down, swing arm yang terlihat mantap, dan suspensi belakang terlihat advance karena ada tabungnya, calon VIAR Cross X 250 memang keren abis! Apalagi sosok calon VIAR Cross X 250 itu menggunakan mesin yang di atas kertas sangat oke. Jika memang VIAR Cross X 250 identik dengan Crossfire/Zongshen XZ250R, maka dia menggunakan mesin 243 cc, SOHC, 4-tak, dan dilengkapi dengan pendingin radiator. Mesin ini digerakkan dengan transmisi 5 percepatan dan mampu mengeluarkan tenaga maksimal 26 HP/9.000 rpm. Terlihat sangat ciamik kan? Lebih gilanya lagi, calon VIAR Cross X 250 ini hanya berbobot 115 kilogram. Sadis tenan!!

Kalaupun ada perbedaan antara VIAR Cross X 250 dan Crossfire/Zhongshen XZ250R nanti terletak pada berbagai perlengkapan untuk penggunaan di jalan raya. Yups, Crossfire/Zhongshen XZ250R adalah motor garuk tanah murni, tanpa lampu depan, tanpa lampu belakang, tanpa lampu sein, dan tanpa spion. Kemungkinan besar nanti VIAR Cross X 250 dijual on the road dalam bentuk motor dual sport, sehingga perlengkapan seperti lampu depan, lampu belakang, lampu sein, kaca spion, dan klakson mutlak ada. Ntah kalau VIAR membuat kejutan dengan meluncurkan versi on the road dan off the road sekaligus. Nah, di foto yang diposting oleh Mas IWB sudah tampak VIAR Cross X 250 menggunakan lampu depan, tapi perlengkapan lainnya masih absen.

Melihat desain dan berbagai parts yang dijejalkan cukup serius, bakal dibandrol berapa motor ini di Indonesia? Di Australia Crossfire XZ250R dijual dengan harga A$ 2.799 yang setara dengan Rp 27,7 juta. Tapi itu harga of the road ya. Kalau di Indonesia dijual on the road, mungkinkah dipasang di bawah Rp 30 juta? Masih sangat memungkinkan sob! Walaupun nggak menutup kemungkinan juga harganya di atas Rp 30 juta. TOP banget kalau VIAR berani pasang harga di bawah Rp 30 juta. Bakal banyak penggemar garuk tanah yang rontok imannya nih..

Contact Me:


Advertisements