Ducati Perkenalkan Desmosedici GP15 untuk MotoGP 2015



Ducati-Desmosedici-GP15-Andrea-Dovizioso-002

Ducati Corse, divisi balap pabrikan motor Ducati asal Italia, memang agak terlambat memperkenalkan motor baru dibandingkan dengan para pesaingnya seperti Honda Racing Corporation maupun Yamaha Factory Racing. Pada uji coba pra musim pertama di Sirkuit Sepang Malaysia awal bulan ini Ducati masih menggunakan motor Desmosedici GP14.3, sementara para rival sudah melakukan uji coba motor baru.

Baru hari ini, Senin (16/2/2015), Ducati Corse memperkenalkan motor terbaru mereka, Ducati Desmosedici GP15, yang akan digunakan oleh dua pembalap pabrikan, yaitu Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone. Desmosedici GP15 ini sekaligus motor pertama yang dirancang secara utuh oleh General Manager Ducati Corse Gigi Dall’Igna sejak masuk ke Ducati Corse setahun yang lalu. Sebelumnya Gigi Dall’Igna hanya memperbaiki dan memberikan update pada basis motor yang lama.

Desmosedici GP15 ini benar-benar motor yang baru sob, jauh berbeda jika dibandingkan dengan GP14 series. Dalam seremoni perkenalan Desmosedici GP15 tentu saja dihadiri oleh dua pembalap andalan, Dovi dan Iannone, dengan mengambil tempat peluncuran di sebuah auditorium milik Ducati yang terletak di markasnya, Borgo Pangale, Italia.

Dalam mengembangkan Desmosedici GP15, mantan bos Aprilia Racing itu mengaku fokus dalam menghilangkan masalah understeer yang sudah terjadi di Desmosedici sejak lama. Menurutnya, kini Desmosedici GP15 sudah jauh lebih baik dan tidak ada lagi gejala-gejala understeer. Lalu, bagaimana tampilan motor baru?

Seperti yang bisa sobat lihat, Desmosedici GP15 tampak lebih kompak, melanjutkan tren yang dimulai oleh Gigi Dall’Igna dengan Desmosedici GP14.2. Satu hal paling berbeda adalah pada bagian knalpot dan body motor.  Selain itu, Gigi Dall’Igna juga melakukan perubahan di sektor mesin untuk menggenjot performa. Untuk konfigurasi mesin, Ducati Corse masih tetap mempertahankan mesin 1.000 cc V4 90-derajat yang memang menjadi ciri khas motor Ducati dan tetap menggunakan sistem Desmodromic empat valve per silinder. Seperti apa performanya?

Ducati mengklaim mesin Desmosedici GP15 bisa memuntahkan tenaga lebih dari 240 HP dengan kecepatan puncak bisa lebih dari 340 km/jam. Kenapa kok nggak disebut tenaga pastinya? Ya biar kompetitor nggak tau berapa tenaga puncak yang sebenarnya pada motor ini. Karena itu hanya disebut “lebih dari 240 HP”. Pada bagian knalpot, Ducati masih setia menggunakan produk buatan Akrapovic dan ECU menggunakan Magneti Marelli dengan software yang dikembangkan Ducati sendiri. Salah satu yang nggak kalah sadis adalah bobot kering motor yang cuma 158 kg!! Ediaaaan… Kawasaki Ninja 250 aja masih jauh lebih berat.

Pada uji coba pra musim tahap pertama di Sirkuit Sepang lalu, dua pembalap Ducati Team menggunakan Desmosedici GP14.3. Bagaimana hasilnya? Sangat baik sob! Motor Desmosedici GP14.3 begitu cepat, bahkan pembalap Ducati Team bisa bersaing ketat dengan para pembalap Repsol Honda dan Movistar Yamaha. Lalu, gimana dengan Desmosedici GP15? Masih belum ketahuan. Dovi dan Iannone baru akan menguji coba motor baru ini di uji coba pra musim tahap dua yang juga akan dilakukan di Sirkuit Sepang minggu depan. Bisa dibilang ini menjadi pertaruhan dari Ducati Corse.

Nah, Desmosedici GP15 ini dipastikan akan digunakan oleh Dovi dan Iannone sebagai pembalap tim pabrikan, sementara Desmosedici GP14.3 akan dilempar untuk tim satelit Pramac Ducati. Bisa saja ini menjadi awal yang baik bagi tim asal Borgo Panigale setelah sempat terseok-seok dan tidak berdaya akibat ditinggal oleh Casey Stoner. Nggak percaya? Ducati menjadi juara dunia MotoGP tahun 2007, tapi kemudian nggak pernah menang satu seri pun sepanjang musim balapan sejak ditinggal oleh Stoner ke Repsol Honda di akhir musim 2010.

Kalau Desmosedici GP15 menjadi project yang sukses, paling nggak selain Movistar Yamaha ada satu tim lagi yang bisa ngerecokin Repsol Honda. Gigi Dall’Igna pun memiliki target paling tidak Ducati bisa meraih satu kali juara seri di musim 2015. Apakah target itu akan tercapai? Apakah project Desmosedici GP15 dari Gigi Dall’Igna akan berjalan mulus? Ya kita tunggu saja uji coba pra musim tahap kedua nanti dan saat musim balap MotoGP 2015 sudah digelar…

Contact Me:


Advertisements