April 2015, Honda akan Mulai Jualan Moge di Taiwan



Honda-CBR650F-012

Hallo sobat… Pabrikan motor ternama di dunia, Honda, telah mengumumkan perluasan operasinya di Taiwan. Mereka tidak akan membuka pabrik baru atau memperluas pabriknya, melainkan akan memboyong motor gede alias moge ke Taiwan. Ya walaupun bukan sebuah hal yang aneh, namun langkah ini dianggap cukup signifikan karena liberalisasi pasar motor di Taiwan baru dimulai pada tahun 2002 saat negara itu bergabung ke World Trade Organization (WTO).

Honda telah menjadwalkan penjualan moge di Taiwan akan dimulai pada bulan April 2015 termasuk mempersiapkan showroom sebagai jaringan penjualan lengkap dengan jaringan servis, penjualan suku cadang, perawatan, dan layanan pasca penjualan lainnya. Dalam konteks di Taiwan, moge itu berarti motor dengan kubikasi mesin lebih dari 250 cc.

Sepanjang tahun 2014 penjualan motor di Taiwan mengalami peningkatan sebesar 24 persen, dengan total penjualan mencapai 17.000 unit. Jumlah itu memang tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan pasar di Indonesia, tapi Honda tetap berusaha menguasai pasar di sana. Peningkatan penjualan motor dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya harga bahan bakar yang mengalami penurunan dan penghapusan larangan moge untuk menggunakan jalan bebas hambatan. Ini pula yang mendasari rencana Honda memasukkan big bike ke Taiwan untuk mendukung pertumbuhan yang lebih signifikan.

Mulai April 2015 nanti setidaknya Honda akan membuka empat dealer baru di Taiwan sob. Sayangnya tidak disebutkan model-model apa saja yang dipersiapkan untuk mengisi pasar moge di sana. Kemungkinan besar sih pada tahap awal Honda akan bermain pada kubikasi yang lebih rendah dahulu seperti CBR300R atau CB300F. Bukan tidak mungkin ke depannya rider di Taiwan bisa menikmati moge Honda yang lebih besar seperti CBR600RR, CBR1000RR, hingga Gold Wings.

Contact Me:


Advertisements