VIAR Cross X 250 Diluncurkan, Sama dengan Zongshen XZ250R!


VIAR-Cross-X-250-TMCBlog-007

Sepertinya hari ini merupakan hari launching motor trail di Indonesia. Bagaimana tidak, di hari yang sama ada dua motor trail sekaligus yang diluncurkan dari dua brand yang berbeda. Pertama adalah Yamaha Indonesia yang meluncurkan motor dual sport premium Yamaha WR250R. Kedua, datang dari pabrikan motor lokal, VIAR, yang meluncurkan motor trail flagship miliknya, yaitu VIAR Cross X 250. Peluncuran VIAR Cross X 250 dilakukan di pabrik VIAR yang berada di Semarang. Seperti apa wujud VIAR Cross X 250?

Melihat dari foto-foto yang dipublikasikan oleh TMCBlog, confirmed deh kalau VIAR Cross X 250 sangat identik dengan Zongshen XZ250R atau Crossfire XZ250R yang beredar di Australia. Dengan demikian, sudah bisa dipastikan kalau VIAR Cross X 250 nyomot desain dan mesin dari Zongshen XZ250R.

Tidak ada perbedaan berarti antara VIAR Cross X 250 dengan Zongshen XZ250R, mulai dari desain hingga mesin. Sasis masih menganut model twin spar yang telihat kokoh dan gagah, apalagi dipadukan dengan suspensi upside down di bagian depan. Sementara itu, mesin satu silinder 250 cc SOHC dengan pendingin cairan yagn ada di bawah sasis terlihat sangat padat. Konon mesin ini sanggup memuntahkan tenaga maksimal hingga 26 HP. Cukup powerful untuk ukuran motor garuk tanah 250 cc. Mesin dan sasis ini kemudian dikombinasikan dengan ban garuk tanah berukuran 18 inch di belakang dan 21 inch di depan. Kalaupun ada perbedaan dengan Zongshen/Crossfire XZ250R versi Australia, itu terletak pada hand guard. Yups, VIAR Cross X 250 sudah dilengkapi dengan hand guard sehingga lebih aman melindungi tangan jika terjadi senggolan dengan obstacle.

Untuk sementara ini, dari foto-foto yang beredar hanya ada versi kompetisi atau enduro murni yang minus lampu dan kelengkapan standar jalan raya. Sekilas juga terlihat VIAR Cross X 250 yang sudah mennggunakan lampur utama, tapi ntah VIAR mengeluarkan versi road legal untuk Cross X 250 ini atau nggak. Sebenarnya akan lebih baik kalau ada versi road legal karena bisa membuka market yang lebih luas, tidak hanya pecinta motocross dan enduro. Berapa harga VIAR Cross X 250? Masih belum berubah dari prediksi awal sob, Rp 32 jutaan per unit!!

*Credit Photo: TMCBlog

Contact Me:


Advertisements