Tes Sepang 2 Hari-1: Rossi Terdepan, Suzuki Menawan!

Valentino-Rossi-Movistar-Yamaha-Uji-Coba-Sepang-2015-002

Sobat Adventuriderz, uji coba pra musim MotoGP di Sirkuit Sepang jilid kedua telah dimulai. Pada hari pertama, Senin (23/2/2015), banyak dinamika yang terjadi sob. Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, berhasil menjadi pembalap paling cepat di hari pertama dengan torehan waktu 2 menit 00,414 detik. Memang catatan waktu ini lebih lambat 1 detik dibandingkan dengan uji coba pertama di Sepang awal bulan ini. Tapi memang kondisi track yang sempat menyentuh 59 derajat membuat para pembalap tidak bisa mendapatkan catatan waktu yang optimal. Bagaimana dengan rekan satu tim Rossi? Jorge Lorenzo yang sama-sama menunggangi Yamaha YZR-M1 ternyata hanya sanggup berada di posisi kelima dengan torehan waktu 2 menit 01,162 detik.

Sementara itu, duo pembalap Repsol Honda mendapatkan hasil yang cukup lumayan meskipun tidak menjadi yang tercepat. Dani Pedrosa berhasil merangsek di posisi kedua dengan catatan waktu 2 menit 00,543 detik atau hanya berselisih 0,129 detik saja dari Valentino Rossi yang berada di posisi paling atas. Pembalap unggulan Repsol Honda yang sudah menjadi juara dunia musim berturut-turut, Marc Marquez, mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Dia hanya berada di urutan keenam dengan waktu tercepat 2 menit 01,190 detik. Marc sempat menghadapi problem pada sistem pengereman yang membuat dia masuk ke gravel meski nggak jatuh. Tapi gejalan rem yang tidak maksimal ini sudah cukup membuat Marc kurang pede dan harus puas di posisi keenam.

Kalau ada pembalap yang cukup mengejutkan di uji coba hari pertama ini adalah Espargaro bersaudara. Pol Espargaro yang membela tim Monster Yamaha Tech 3 bisa ngacir di atas Yamaha YZR-M1 dan berhasil menduduki posisi ketiga dengan raihan waktu tercepat 2 menit 00,876 detik. Tepat di bawah Pol, ada saudaranya, yaitu Aleix Espargaro dari tim Suzuki yang berhasil meraih waktu tercepat 2 menit 01,055 detik. Sepertinya motor Suzuki GSX-RR sudah berkembang cukup jauh, sehingga para pembalapnya mendapatkan catatan waktu cukup baik dan bisa bersaing dengan tim pabrikan lainnya.

Di mana posisi dua pembalap andalan Ducati? Pada uji coba kedua di hari pertama ini performa Ducati memang nggak sebagus uji coba pertama di awal bulan Februari lalu. Andrea Dovizioso misalnya, harus puas di urutan ke-10 dengan catatan waktu 2 menit 01,355 detik, sedangkan Andrea Iannone malah lebih buruk lagi. Iannone ada di posisi ke-15 dengan raihan waktu tercepat 2 menit 02,142 detik. Walaupun hasilnya kurang memuaskan, tapi Dovi sudah cukup senang dengan performa Ducati Desmosedici GP15 yang sudah minim gejala under steer. Bahkan menurut Dovi, GP15 sudah cukup nurut untuk berbelok. Lap time yang kurang baik dari Dovi juga terjadi karena pembalap yang satu ini nggak banyak melakukan putaran, hanya 23 lap dengan GP15.

Contact Me:


Advertisements