Suzuki Ingin Produksi Motor 250 cc Untuk Pasar Ekspor


Suzuki-Inazuma-003

Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah sukses melakukan ekspor perdana motor Suzuki Address menuju 24 negara di tiga benua, yaitu Asia, Eropa, dan Oceania. Suzuki Address dengan kapasitas mesin 110 cc itu memang sempat dipertunjukkan dalam sebuah pameran otomotif di Eropa. Setelah sukses mengekspor Address, secara mengejutkan Suzuki mengungkapkan keinginannya untuk memproduksi dan mengekspor motor 250 cc.

Pernyataan Suzuki itu memang cukup mengejutkan sob. Pasalnya, sampai sekarang Suzuki nggak memproduksi motor 250 cc. Memang sih Suzuki Indonesia menjual motor sport 250 cc, yaitu Suzuki Inazuma atau GW250. Akan tetapi, motor dengan mesin dua silinder itu didatangkan secara impor dari Tiongkok. “Jika memang kebutuhan pasar ekspor motor 250 cc cukup tinggi, nantinya kami akan ekspor juga yang 250 cc, ” ujar Soebronto Laras, Komisioner SIS.

Posisi Suzuki sekarang memang cukup terdesak. Market share pabarkan berlogo S terus mengalami penurunan, bahkan kini hanya bisa bersaing dengan Kawasaki yang sebagian besar produknya berupa moge. Kalau mengincar pasar ekspor dengan memproduksi motor 250 cc sih bisa jadi langkah yang bagus. Produk buat ekspor sekalian dipasarkan di Indonesia. Mungkinkah nanti Indonesia yang bakal jadi basis produksi motor sport fairing 250 cc dua silinder dari Suzuki? Ya bisa jadi seperti itu. Mungkin sekarang mereka lagi berhitung matang-matang. “Tunggu saja pada saatnya nanti, jika memang kebutuhan motor 250 cc tinggi kami akan mulai produksi, saat ini kami sedang dalam tahap pembelajaran,” pungkas Endro Nugroho, Senior Direktur 2W SIS.

Contact Me:


Advertisements