Sebaiknya Tidak Pasang Box Motor Terlalu Besar, Kenapa?



Pannier_002

Bagi para penggemar riding jarah jauh maupun touring, box pada motor menjadi piranti yang amat sangat berguna. Kenapa? Berbagai barang yang diperlukan bisa dimasukkan ke dalam box dengan aman tanpa perlu khawatir barang bawaan dicuri atau terkena guyuran hujan. Yang jelas menggunakan box pada motor, baik itu top box maupun side box, akan sangat praktis dalam menaruh barang bawaan.

Sayangnya, tidak semua rider mengerti kalau box itu juga cukup membebani motor. Jika ingin menggunakan box, sebaiknya sobat sekalian menyesuaikan dengan tipe motor. Box yang besar memang sangat berguna saat membawa barang bawaan lebih banyak. Akan tetapi, box yang terlalu besar juga bisa merusak penampilan motor. Selain itu, box yang terlalu besar akan bisa membuat handling motor menjadi kacau, terutama saat berbelok. Tentu ini malah berbahaya bagi keselamatan rider sendiri.

Ternyata, kerugian menggunakan box yang terlalu besar nggak cuma itu aja lho sob. Jika sobat menggunakan box yang terlalu besar, sudah bisa dipastikan performa mesin motor akan berkurang karena membawa beban yang lebih berat. Apalagi kalau box itu diisi hingga penuh dengan barang-barang yang cukup berat. Salah satu efek yang cukup fatal adalah box yang besar bisa merusak struktur rangka motor.

Idealnya, untuk motor skutik menggunakan box dengan ukuran 26 liter, sedangkan motor bebek masih bisa menggunakan box berukuran 26-35 liter. Jika sobat memiliki motor sport, pilihan ukuran box bisa lebih fleksibel, karena dapat dipasangi box antara 26 liter hingga 55 liter, tergantung dengan selera. Paling pas sih untuk motor sport menggunakan box 35-55 liter. Ada baiknya tidak memaksakan box berukuran 55 liter di motor skutik ya sob, sebab penampilan motor jadi sangat aneh.

Beberapa hal yang perlu dicermati saat sobat ingin memasang box di motor adalah memilih bracket yang benar-benar berkualitas. Jangan sampai salah pilih bracket karena ini menjadi salah satu komponen kunci saat memasang box. Nggak seru kan kalau saat touring atau riding adventure tiba-tiba bracket patah karena tidak mampu menahan beban? Pokoknya pilih yang berkualitas, jangan tergiur dengan harga murah. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, saat menggunakan box, terutama side box, lebar motor akan bertambah. Sebaiknya sobat harus lebih berhati-hati saat bermanuver, seperti mendahului kendaraan lain. Jangan sampai sobat lupa kalau di belakang terdapat box, sehingga malah nyangkut di kendaraan lain ketika mendahului.

Contact Me:


Advertisements