Target Penjualan Motor Trail VIAR Cuma 500 Unit Per Bulan

VIAR-Cross-X-150-002

VIAR sekarang memang cukup serius dalam memasarkan motor trail. Tahun ini ada empat produk motor trail yang akan menjadi penopang penjualan VIAR. Keempat produk itu adalah Cross X 150, Cross X 200, Cross X 200 SE, dan Cross X 250 SE. Diyakini masih akan ada produk motor trail lagi yang akan meluncur pada tahun 2015 ini untuk melengkapi lineup yang ada.

Meskipun mengusung empat varian motor sekaligus, namun VIAR tidak mematok target tinggi untuk penjualan motor trail. Brand lokal yang punya pabrik di Semarang ini hanya menargetkan penjualan motor trail sebanyak 500 unit per bulan atau setara dengan 6.000 unit per tahun. Angka ini hanya sekitar 10 persen dari total target penjualan motor VIAR sebanyak 5.000 unit per bulan. Target tinggi masih akan dipatok untuk kendaraan niaga roda tiga yang diharapkan bisa menyumbang penjualan sebesar 80 persen. “Dari total market 5.000 unit per bulan, terdiri dari 4.000 unit toda tiga, 500 trail, dan 500 lagi untuk sport,” kata Deputy Director Marketing VIAR Motor Indonesia Akhmad Zafitra Dalie.

Menurut Dalie, dari target penjualan motor trail sebanyak 500 unit per bulan ini akan didominasi oleh Cross X 150 sebesar 40 persen, Cross X 200 dan Cross X 200 SE sebesar 40 persen, dan 20 persen sisanya datang dari produk terbaru VIAR yang dijual dalam bentuk off the road, khusus untuk kebutuhan enduro atau motocross, yaitu Cross X 250 SE. Produk yang disebut terakhir dipasarkan oleh VIAR dengan harga Rp 32,7 juta off the road Jakarta.

Sebagai pendatang baru di segmen trail, target sebanyak 500 unit per bulan itu nggak muluk-muluk, masih sangat realistis. Nggak bisa dipungkiri, brand lokal masih sering dipandang sebelah mata oleh para konsumen. Konsumen biasa, yang bukan merupakan konsumen enthusiast, pasti sangat memikirikan brand image, jaringan 3S, after sales service, dan resale value. Dalam hal ini VIAR nggak bisa mengelak kalau masih kalah dengan brand Jepang. Sepertinya memang VIAR cukup memahami posisinya itu. Salah satu strategi ampuh untuk menggoda konsumen adalah menawarkan produk dengan spesifikasi lebih baik dan harga lebih murah. Tapi rasanya itu saja nggak akan cukup sob. VIAR mesti memperbaiki built quality dari produknya itu sendiri dan lebih memperluas jaringan 3S.

Contact Me:


Advertisements