YIMM Tidak Tertarik Jual Yamaha YZF-R3 di Indonesia


Yamaha-YZF-R3-002

Kawasaki Motor Indonesia (KMI) belum lama ini meluncurkan produk motor sport terbarunya, Ninja 300, untuk ditandemkan dengan Ninja 250. Namun, langkah itu ternyata tidak akan diikuti oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). YIMM sudah cukup merasa puas menjual YZF-R25 dan tidak akan ikut menjual YZF-R3, meskipun keduanya diproduksi di Indonesia. Apa alasannya?

Pertimbangan utama tentu saja masalah harga sob. Nggak bisa dipungkiri, motor dengan kubikasi mesin di atas 250 cc hingga 500 cc dikenakan PPN BM sebesar 60 persen. Hal itu pula yang membuat harga Ninja 300 dibandrol Rp 83,9 juta, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Ninja 250 yang hanya dijual dengan harga Rp 54,9 juta. Padahal kedua motor ini memiliki desain dan dimensi yang serupa. Perbedaan hanya terletak pada kubikasi mesin, yang kemudian meningkatkan power. Kasus yang sama akan terjadi pada YZF-R3 jika dijual di Indonesia. Desain dan dimensinya sangat identik dengan YZF-R25, hanya sektor mesinnya saja yang punya kubikasi lebih besar. Sulit sekali membendung harga YZF-R3 agar tetap murah.

YZF-R25 sekarang dijual oleh YIMM dengan harga Rp 53 juta OTR Jakarta. Kalau mau ngotot jualan YZF-R3, harganya ya nggak akan berbeda dengan Ninja 300, di atas Rp 80 juta. Bagi Yamaha hitungan ini nggak ekonomis, tapi malah bisa membuat konsumen bingung. “Nggak lah, ngapain? Kompetitor jual. biarkan saja. Sementara ini kami belum tertarik menjual R3 di Indonesia karena banyak alasan. Mungkin ada saja orang yang beli, tetapi tidak banyak. Lagi pula, semua komponen sama, hanya beda kubikasi, tenaga, dan torsi sedikit. Saya rasa R25 sudah sangat tepat,” kata Asisten General Manager Pemasaran YIMM Mohammad Masykur.

Nah, bagi sobat yang berangan-angan Yamaha menjual motor YZF-R3 di Indonesia, sepertinya angan-angan itu masih jauh dari harapan. Untuk sementara ini memang Yamaha nggak tertarik menjual YZF-R3 di Indonesia, nggak tau kalau nanti berubah pikiran. Sementara ini YZF-R3 hanya untuk pasar ekspor saja ke berbagai negara di dunia, termasuk Thailand, Eropa, dan Amerika Serikat. Ngidam YZF-R3? Masih ngimpi dulu sob!

Contact Me:


Advertisements