Kerennya Modifikasi Honda CB1100 Jadi Model Scrambler!


Honda-CB1100-Challenge-Big-One-0011

Honda CB1100 merupakan salah satu produk motor sport keluaran Honda dengan desain retro. Motor ini memang sudah sangat keren sejak lahir. Modelnya yang terkesan jadul, sederhana, dan kalem membuat siapapun tak akan menyangka kalau Honda CB1100 adalah motor yang modern. Dibalik kesan yang kalem itu ternyata terpasang mesin empat silinder berkapasitas 1.140 cc oil cooler yang siap menyemburkan tenaga kapan pun saat diperlukan.

Nah, bagaimana kalau motor yang sudah cantik ini diubah menjadi model scrambler? Ternyata malah semakin cantik lagi sob. Hal itulah yang dilakukan oleh salah satu dealer Honda di Kota Boe, sebelah selatan Perancis. Dealer itu bernama Challenge Big One (CBO). Meskipun perubahan yang dilakukan tidak radikal dan tidak begitu banyak penggantian part, namun hasil kreasi dari Challenge Big One itu patut diacungi jempol!

Kalau sobat memandang hasil modifikasi ini, Honda CB1100 versi scrambler jadi tampak lebih cool, kekar, dan terkesan beringas. Perubahan yang dilakukan kalau dilihat sepintas hanya mengganti ban dengan model dual purpose dengan velg jari-jari dan jok tipis a la motor scrambler. Asli deh, dua komponen ini memang sangat menguatkan kesan scrambler di Honda CB1100 Challenge Big One. Kemudian ubahan dilakukan pada bagian tangki, stang model fatbar, spakbor bawaan pabrik pada bagian depan dan belakang dicopot dan diganti dengan spakbor yang lebih minimalis, spion asli berbentuk bulat juga ditanggalkan dan diganti dengan tipe yang lebih match untuk motor scrambler, sedangkan suspensi menggunakan Ohlins yang memang sudah sangat terkenal sebagai suspensi handal. Selain itu, penggantian dilakukan pada bagian knalpot dengan merk Arrow dan warna asli motor juga sudah berubah.

Meskipun sudah tampil sangar dan bannya terkesan siap masuk jalur off road, tapi perlu berpikir 100 atau bahkan 1.000 kali sebelum menggunakan Honda CB1100 scrambler hasil karya Challenge Big One. Kenapa? Pada dasarnya Honda CB1100 dirancang sebagai motor perkotaan yang melewati jalanan mulus. Setelah ban diganti dengan model tahu, bukan berarti motor akan nyaman dipakai di jalur off road karena bobot motor itu sendiri mencapai 260 kilogram. Bobot yang sangat nggak ideal, terlalu besar, dan terlalu berat sebagai kendaraan off road. Apalagi ground clearance Honda CB1100 juga pendek, sehingga gampang nyangkut kalau lewat jalur off road. Kenyataannya memang hanya sebagian kecil saja pengguna motor scrambler yang benar-benar menggunakannya untuk blusukan ringan. Lebih rider yang menggunakan motor tipe scrambler hanya untuk gaya, riding di perkotaan, dan senang dengan tampilan motor. Untuk keperluan tersebut, modifikasi Challenge Big One memang luar biasa keren!! Mungkinkah Honda akan terinspirasi dari Challenge Big One untuk membuat Honda CB1100 versi scrambler?

Honda-CB1100-Challenge-Big-One-000

Contact Me:


Advertisements