Tips Memilih Ban yang Tepat untuk Jalur Full Off Road


Ban-Off-Road-001

Bagi sobat Adventuriderz yang gemar melakukan kegiatan enduro atau blusukan di jalur off road, pemilihan ban yang tepat merupakan faktor krusial. Motor garang plus rider yang handal saja tidak akan cukup untuk menaklukkan medan yang berat di jalur off road kalau tidak didukung oleh pemilihan ban yang tepat. Apalagi kalau musim hujan dengan kondisi tanah basah, pemilihan ban yang salah bisa membuat rider kerap terpeleset, bahkan mencium tanah menjadi hal yang lumrah.

Lalu, seperti apa ban yang cocok di jalur off road? Ketika memilih ban, sobat jangan tertipu dengan penampilannya yang sangar dan gagah. Belum tentu ban dengan tampilan sangar itu cocok untuk kebutuhan riding sobat. Pada dasarnya ada tiga pilihan ban yang bisa sobat gunakan untuk motor di jalur off road, yaitu hard, intermediate, dan soft. Hard akan cocok digunakan untuk jalur off road tanah kering atau pun berupa bebatuan, sedangkan soft yang cocok digunakan di jalur off road yang basah maupun penuh dengan lumpur. Bagaimana dengan tipe intermediate? Tipe yang satu ini menawarkan kompromi antara tipe hard dan soft. Artinya, intermediate masih oke dipakai di jalur off road kering, namun juga tidak begitu buruk ketika dipakai di jalur off road basah.

Bagi sobat yang mempunyai uang berlebih, mungkin nggak akan menjadi masalah mempunyai stok beberapa tipe ban sekaligus yang bisa digunakan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Tapi buat yang duitnya pas-pasan, pemilihan ban yang tepat ini menjadi begitu penting. Kalau salah beli ban, nanti nggak nyaman, menguras tenaga saat digunakan, dan bisa jadi menguras uang karena pengen beli lagi karena salah itu tadi. Untuk kebutuhan all round, artinya bisa digunakan di jalur kering atau basah, sebaiknya sobat memilih tipe intermediate. Paling tidak ini masih bisa digunakan untuk kondisi jalur yang kering dan keras hingga basah.

Pertimbangan lainnya saat memilih ban off road adalah ukuran ban. Di pasaran saat ini tersedia beberapa ukuran diameter, misalnya untuk velg dengan diameter 16 inch di belakang dan 19 inch di depan atau 18 inch pada roda belakang dan 21 inch pada roda depan. Rasanya agak sulit menemukan ban dengan ukuran diameter selain dua pasang ukuran tadi (16-19 dan 18-21). Sementara itu, untuk lebarban terdapat ukuran seperti 80/100, 90/100, atau 100/100. Semua ukuran itu umumnya tersedia untuk setiap diameter velg. Mana yang cocok untuk motor sobat? Bagi yang menggunakan velg 18-21 inch, sobat bisa memilih ukuran 90/100-18 untuk roda belakang dan 80/100-21 di roda depan. Ukuran itu termasuk yang paling ideal bagi motor-motor bertenaga sedang yang banyak beredar di Indonesia. Untuk pilihan merek cukup banyak kok di pasaran, ada Dunlop, Pirelli, Bridgeston, Metzeler, Maxxis, Kenda, dan lain-lain. Harganya juga bervariasi, mulai dari Rp 1,7 juta satu set hingga Rp 3 jutaan satu set juga ada. Tinggal sesuaikan saja dengan budget yang ada.

Enduro-002

Contact Me:


Advertisements