Seperti Apa Sih Dual Sport Adventure Itu?? Ini Penjelasannya!

Dual-Sport-Adventure-003

Belakangan ini memang sedang cukup marak dengan yang namanya kegiatan dual sport adventure. Perlahan namun pasti, penggemar kegiatan yang satu ini terus bertambah dan semakin banyak peminatnya. Sebenarnya apa sih definisi dari dual sport adventure? Yuk disimak!

Sesuai dengan namanya, dual sport adventure terbentuk dari kata dual sport dan adventure. Sobat tentu sudah mengetahui bahwa adventure berarti petualangan atau berpetualang, sedangkan dual sport adalah tipe motor yang digunakan untuk sebuah kegiatan adventure. Sebelumnya Adventuriderz sudah pernah menuliskan perbedaan antara motor dual sport, motard, enduro, dan motocross serta tiga sub-varian motor dual sport. Monggo dibaca-baca dulu biar lebih paham.

So, jika diartikan secara harfiah, dual sport adventure adalah kegiatan adventure menggunakan motor bertipe dual sport. Kalau sobat sudah membaca dua artikel yang Adventuriderz sebut tadi, di sana dijelaskan bahwa motor dual sport adalah motor yang bisa dengan bebas digunakan untuk menjelajah jalan aspal dan jalur off road sekaligus serta legal digunakan di jalan raya. Melihat kondisi itu, maka kegiatan dual sport adventure ini bisa mengeksplor tempat-tempat menarik mulai dari perkotaan hingga ke daerah-daerah pelosok dan terpencil yang sulit diakses dengan menggunakan motor touring atau motor sport biasa. Kegiatan dual sport adventure bisa dilengkapi dengan acara camping di sebuah destinasi.

Namun, dual sport adventure tidak bisa disamakan dengan enduro. Kenapa? Kegiatan enduro lebih fokus dengan blusukan di hutan, sedangkan dual sport tidak. Perlu diingat, meskipun motor dual sport memiliki karakteristik yang mirip dengan motor enduro, tapi keduanya berbeda sob. Dual sport adventure tidak sampai blusukan di hutan dengan kondisi jalur off road yang parah karena keterbatasan kemampuan ban. Yups, motor dual sport hanya menggunakan ban dual purpose, dan itu akan sangat menyiksa rider kalau harus blusukan seperti kegiatan enduro. Di lain pihak, motor enduro hanya bisa digunakan untuk blusukan di jalur off road saja karena nggak legal digunakan di jalan raya. Intinya, dual sport adventure menawarkan fleksibilitas yang lebih baik dalam berpetualang, mulai dari menemlusuri spot-spot menarik di kota hingga menjelajah destinasi terpencil melalui jalur off road skala ringan hingga menengah. Gimana sob, tertarik dengan dual sport adventure?

Dual-Sport-Adventure-004

Contact Me:


Advertisements