Keunggulan dan Kelemahan Motor Dual Sport vs Adventure-Tourer


1280px-DualSportBMW1200GS_SuzukiDRZ400

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai perbedaan motor dual sport, motard, enduro, dan motocross. Lalu kita juga sudah membahas tiga sub-varian motor dual sport dan pengertian dual sport adventure. Kali ini apa lagi yang bakal dibahas? Masih mengenai motor dual sport sob. Kita akan membahas mengenai keunggulan dan kelemahan motor dual sport agar sobat nggak bingung sebelum memutuskan membeli motor seperti apa yang cocok bagi sobat.

Kalau di postingan tiga sub-varian motor dual sport yang ditulis beberapa waktu yang lalu, motor dual sport itu terbagi menjadi tiga sub-varian, yaitu lightweight dual sport, middleweight dual sport, dan heavyweight dual sport. Tapi kali ini Adventuriderz akan mengerucutkan kategori itu menjadi dua saja biar nggak terlalu luas dan terjadi kebingungan. Dua pembagian itu selanjutnya kita sebut saja dengan motor dual sport dan adventure-tourer. Simak karakteristiknya berikut ini.

Motor Dual Sport

Evolusi Motor Dual Sport

Pada dasarnya, motor dual sport itu berawal dari sebuah motor enduro. Motor enduro sendiri berbasis dari motor motocross, yang kemudian dipasangi lampu utama dan lampu belakang serta menggunakan rasio transimisi yang lebih lebar. Motor enduro ya hanya digunakan untuk kegiatan enduro saja dan tidak legal digunakan di jalan raya. Lalu para rider melakukan upgrade dengan menambahkan lampu-lampu, klakson, dan spion agar motor ini bisa mendapatkan surat-surat dan legal digunakan di jalan raya.

Konversi motor enduro menjadi dual sport menjadi cukup populer di kalangan rider yang tinggal dekat hutan. Mereka ingin motor yang bisa digunakan menjelajah di dalam hutan, sekaligus bisa digunakan untuk pergi ke kota. Produsen kemudian menyambut baik dengan menghadirkan motor khusus dual sport berbasis motor enduro yang tentu saja legal digunakan di jalan raya karena terdapat holder untuk plat nomor, lampu-lampu semua lengkap, kaca spion, klakson, speedometer, dan knalpot yang tidak bising.

Karakteristik Umum Motor Dual Sport

Untuk mempermudah pemahaman, Adventuriderz menggeneralisir karakteristik untuk mendeskripsikan bagaimana umumnya sebuah motor dual sport. Beberapa motor dual sport umumnya memiliki karakteristik:

  • Mesin satu silinder 125-650 cc
  • Tidak ada windscreen
  • Tangki bahan bakar kecil
  • Bodywork minimal
  • Roda depan berdiamater besar 21 inch
  • Stang tinggi untuk memudahkan riding ketika berdiri
  • Jok panjang dan rata seperti layaknya motor untuk motocross
  • Velg jari-jari
  • Spakbor depan tinggi
  • Ada crash protector
  • Ground clearance tinggi
  • Ditujukan untuk berjalan dengan kecepatan rendah

KLX250-CRF250L-WR250R-001

Keunggulan Motor Dual Sport

Setelah melihat karakteristik itu, kita bisa menyimpulkan bahwa motor dual sport memiliki keunggulan body yang ringan dan kemampuan melibas jalur off road yang baik. Motor dual sport juga didesain untuk memiliki performa mumpuni di jalur off road. Dengan bobotnya yang rendah, motor dual sport tidak akan mengalami kerusakan yang cukup parah saat terjadi kecelakaan, misalnya terjatuh di jalur off road. Rider pun bisa dengan mudah membangunkan motor ketika terjatuh.

Dual sport merupakan motor yang legal digunakan di jalan raya, sehingga rider dengan leluasa bisa mengendarai motor tipe ini mulai dari jalan raya yang beraspal mulus hingga jalur off road, termasuk jalur berpasir, bebatuan, tanjakan curam, dan single track. Dengan model jok yang rata, rider bisa mudah mengganti riding position, mau di depan, tengah, maupun belakang sesuai kebutuhan dan kondisi jalan.

Kelemahan Motor Dual Sport

Kelemahan utama bagi motor dual sport adalah performa yang kurang maksimal saat melibas jalan raya beraspal mulus. Absennya windscreen membuat rider harus berjuang keras melawan angin dalam kecepatan tinggi di jalan aspal. Karakter motor dual sport yang hanya satu silinder membuat memiliki getaran yang cukup kuat ketika dalam kecepatan tinggi. Ban dual purpose yang digunakan juga kurang kuat mencengkram untuk mendapatkan traksi di aspal.

Selain itu, jok tipe motocross yang panjang, tipis, dan rata membuatnya tidak nyaman saat berkendara di jalan aspal. Hal itu juga berlaku untuk boncenger, sangat tidak nyaman sama sekali. Tangki bahan bakar yang rendah membuat rider harus rajin mengisi bahan bakar dalam perjalanan jarak jauh. Terakhir, biasanya ban dual purpose yang dipasang pada motor dual sport akan lebih cepat habis dibandingkan dengan ban motor jalan raya biasa.

Motor Adventure-Tourer

Evolusi Motor Adventure-Tourer

Dalam perkembangannya, rider menginginkan lebih dari sekedar motor dual sport. Mereka ingin sebuah motor yang nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh, namun tetap memiliki kemampuan off road yang baik. Rider juga menginginkan motor multi-purpose yang bisa mengangkut bagasi dan penumpang dengan nyaman. Pada tahun 1981 lahirlah sebuah motor bongsor BMW R80G/S. Motor ini cukup lincah di jalan raya dan kemampuannya juga cukup oke untuk melibas jalur off road. Sejak saat itu, motor adventure-tourer atau yang biasa disebut dengan nama motor adventure saja menjadi cukup populer.

Karakteristik Motor Adventure-Tourer

Motor adventure-tourer modern umumnya menawarkan kemampuan baik untuk melewati jalur off road, tapi juga nyaman untuk perjalanan touring jarak jauh, bahkan hingga lintas negara dan lintas benua. Nah, berikut ini terdapat beberapa karakteristik umum dari motor adventure-tourer. Ingat, karakteristik ini nggak baku. Mungkin sebagian motor memiliki karakteristik yang berbeda.

  • Mesin 650 cc ke atas
  • Jok yang nyaman untuk perjalan jarak jauh
  • Terdapat rak bagasi, pannier, atau box
  • Ground clearance cukup baik
  • Spakbor rendah, mepet dengan ban
  • Ban didesain untuk lebih banyak digunakan di jalan aspal daripada off road
  • Ditujukan untuk kecepatan tinggi di jalan raya
  • Tangki bahan bakar besar
  • Terdapat windscreen untuk melindungi tubuh rider dari angin di kecepatan tinggi
  • Sistem pengereman yang canggih
  • Velg jari-jari untuk ketahanan yang lebih baik di jalur off road

BMW-F-800-GS-Adventure_01

Keunggulan Motor Adventure-Tourer

Motor adventure-tourer umumnya memiliki kapasitas mesin yang besar dan multi silinder. Sudah tentu motor seperti ini sangat nyaman digunakan pada kecepatan tinggi. Ban yang cenderung menggunakan ban jalan raya dan pengereman canggih membuat motor ini menawarkan tingkat safety yang lebih baik dalam kondisi darurat. Mesin yang besar dan bisa mencapai tenaga puncak pada rpm rendah membuat motor ini cukup smooth dan nyaman untuk perjalan jarak jauh. Jok yang nyaman dan adanya windscreen juga membantu rider agar tidak cepat lelah.

Selain itu, motor adventure-tourer memiliki kapasitas tangki bahan bakar besar, sehingga rider tidak perlu sering-sering mengisi bahan bakar dan tidak khawatir kehabisan bahan bakar di area terpencil. Adanya rak bagasi, pannier, dan top box memungkinkan bagi rider membawa berbagai perlengkapan untuk camping maupun touring dalam waktu yang lama. Menariknya, motor adventure-tourer nyaman digunakan untuk berboncengan.

Kelemahan Motor Adventure-Tourer

Bobot yang berat merupakan kendala utama saat membawa motor tipe adventure-tourer, khususnya bagi kebanyakan orang Indonesia yang berbadan mungil. Bobot adventure-tourer yang mencapai hampir dua kali lipat motor dual sport membuatnya kurang lincah, kurang agresif, dan sangat merepotkan saat melibas jalur off road. Pada kondisi off road, riding position akan terbatas karena motor ini menggunakan windscreen, desain jok tidak rata, dan adanya bagasi di belakang. Bobot motor akan bertambah berat jika terpasang pannier.

Jika terjadi kecelakaan, body motor yang terbuat dari plastik akan mudah pecah dengan perbaikan yang membutuhkan dana tidak sedikit. Membangunkan motor adventure-tourer saat terjatuh juga akan sulit dilakukan seorang diri. Minimal butuh dua orang lah. Model spakbor rendah dan mepet dengan ban seperti motor sport biasa membuat adventure-tourer bakal kerepotan ketika melewati jalur off road yang basah dan berlumpur. Kalau terjadi kerusakan di daerah terpencil, bakal sulit memperbaiki motor adventure-tourer karena memiliki mesin yang kompleks dan perangkat elektronik yang canggih. Terakhir, motor adventure-tourer harganya sangat mahal dengan biaya perawatan besar.

Pilih Mana, Dual Sport atau Adventure-Tourer?

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum sobat memutuskan akan membeli mtoor dual sport atau adventure-tourer. Tergantung kebutuhannya untuk apa. Apakah lebih sering untuk perjalanan jarak dekat dan harus melewati banyak jalur off road, atau malah lebih sering untuk perjalanan panjang hingga ribuan kilometer. Kalau mau digunakan untuk melibas kondisi jalur off road yang lebih sulit dengan motor ringat dan mudah untuk bermanuver, maka dual sport adalah pilihannya. Tapi jika akan digunakan untuk perjalanan jarak jauh yang nyaman dan lebih didominasi oleh jalan aspal dibandingkan dengan jalur off road, adventure-tourer adalah pilhan terbaik.

Hal lain yang sangat perlu menjadi pertimbangan adalah soal harga. Yups, harga motor dual sport di Indonesia masih cukup terjangkau. Misalnya saja untuk kelas 150 cc hanya sekitar 28 jutaan, sedangkan di segmen 250 cc memiliki rentang harga 61-93 jutaan. Bagaimana dengan motor adventure-tourer? Rata-rata motor adventure-tourer yang masuk ke Indonesia berasal dari pabrikan Eropa. Harganya tentu sangat mencekik, mulai dari Rp 450 juta sampai Rp 800 jutaan, tergantung dari kubikasi mesin.

Contact Me:


Advertisements