Seperti Ini Riding Gear Yang Cocok Untuk Dual Sport Adventure!


riding-adventure-apparel-004

Belakangan ini kegiatan dual sport adventure memang cukup digemari. Bahkan komunitas dual sport adventure juga sudah mulai tumbuh. Bagi yang belum paham apa itu dual sport adventure, mungkin bisa membaca lima artikel berikut: Pengertian Dual Sport Adventure; Tiga Sub-Varian Motor Dual Sport; Perbedaan Motor Dual Sport, Motard, Enduro, dan Motocross; Keunggulan dan Kelemahan Motor Dual Sport; serta Aneka Pilihan Motor Dual Sport di Indonesia.

Sebelum melakukan kegiatan dual sport adventure, ada baiknya melengkapi diri dengan berbagai riding gear dengan fungsi utama sebagai perangkat keamanan dan keselamatan yang bisa melindungi tubuh jika terjadi incident dan accident. Meskipun fungsi utamanya adalah untuk perangkat keamanan dan keselamatan, tapi nggak ada salahnya juga dong kalau riding gear yang dikenakan sekalian buat gaya. Pasti riding adventure jadi tampak pede jika menggunakan riding gear yang match.

Lalu, seperti apa sih riding gear yang sesuai untuk dual sport adventure? Adventuriderz bakal menjabarkan hal itu kepada sobat sekalian mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Namun perlu diingat, tipe-tipe riding gear yang dipakai ini nggak mengikat, tergantung dari selera masing-masing rider saja. Adventuriderz hanya menyebutkan riding gear yang umum dipakai dan menjadi tren dalam kegiatan dual sport adventure, baik itu di Indonesia maupun di luar negeri. Monggo disimak!

Helm

Helm adalah perangkat yang mutlak ada ketika riding menggunakan motor kesayangan. Ada banyak helm yang dijual di pasaran, tapi helm seperti apa yang cocok digunakan untuk dual sport adventure? Dual sport adventure tentu saja berbeda dengan enduro, motocross, ataupun touring. Jadi, biasanya helm yang digunakan juga berbeda. Enduro atau motocross biasanya menggunakan helm cakil berbentuk moncong panjang tanpa dilengkapi visor. Sebagai gantinya, rider menggunakan google untuk menutupi mata agar terhinda dari debu dan kotoran lain. Sementara untuk touring, umumnya menggunakan helm full face biasa dengan bentuk membulat. Sudah tentu helm ini menggunakan visor.

Nah, bagi penggemar dual sport adventure, umumnya menggunakan helm a la supermoto, di mana helm ini memiliki bentuk seperti helm enduro/motocross dengan moncong lebih pendek namun sudah dilengkapi dengan visor. Alasannya, visor yang lebar memberikan pandangan luas bagi rider saat memasuki jalur off road. Selain itu, adanya visor memberikan kenyamanan saat riding di jalan raya. Sekarang ini sudah banyak pilihan helm untuk dual sport adventure atau supermoto seperti ini, mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan, semua tersedia lengkap! Contohnya adalah Snail MX311, INK S5, KYT Enduro, dan MDS Super Pro.

Jaket

Jaket merupakan komponen yang tidak kalah penting dalam riding adventure. Jika untuk kegiatan enduro dan motocross hanya menggunakan jersey tipis seperti kaos lengan panjang, tidak begitu dengan dual sport adventure karena membutuhkan proteksi yang lebih baik. Seperti sobat ketahui, dual sport adventure ini biasanya juga melakukan perjalanan dengan jarak cukup jauh, mulai dari puluhan, ratusan, hingga ribuan kilometer dengan variasi jalan mulai jalan beraspal hingga off road. Selain berfungsi melindungi tubuh jika terjadi incident dan accident, jaket untuk dual sport adventure harus sanggup melindungi tubuh dari terpaan angin.

Umumnya, jaket yang digunakan untuk dual sport adventure berupa technical jacket yang memiliki banyak kantong. Technical jacket yang dimaksud adalah sudah memiliki protektor di siku, pundak, dan mungkin di bagian punggung. Nggak perlu ribet pasang perangkat lenong sebagai protektor kan kalau di jaket sudah ada protektornya? Sementara itu, banyaknya kantong bisa berfungsi untuk menyimpan  berbagai macam barang, mulai dari HP hingga botol minum di kantong besar bagian belakang. Berbagai produsen biasanya menawarkan beberapa keunggulan jaket adventure, di antaranya waterproof dan windproof sekaligus. Kalau saran Adventuriderz pilih saja jaket dengan bahan yang nyaman, sirkulasi udara bagus, nggak bikin gerah, dan pas di kantong. Bukan apa-apa sob, semakin banyak fitur yang disematkan di jaket membuat harganya juga semakin melambung. Untuk jaket adventure buatan lokal saat ini dijual mulai dari Rp 800.000 hingga Rp 3.500.000, sedangkan produk impor brand ternama sudah pasti di atas itu. Apa saja pilihannya? Ada Respiro Nusantarider R3, Respiro Journey R3, Eiger Outride Explorer, dan mungkin masih ada beberapa produk lagi.

Sarung Tangan

Untuk sarung tangan dual sport adventure juga beda sob dengan sarung tangan enduro/motocross yang biasanya menggunakan sarung tangan dengan bahan tipis. Jika sobat melakukan kegiatan dual sport adventure, sebaiknya menggunakan sarung tangan seperti sarung tangan touring yang sudah dilengkapi dengan protektor. Kalau bisa sih pilih sarung tangan yang menutup seluruh bagian, mulai dari jari-jari hingga mata tangan. Tidak dianjurkan menggunakan sarung tangan model half yang jari tangannya terbuka.

Celana

Pada dasarnya celana atau riding pants untuk dual sport adventure nggak ada bedanya dengan celana touring. Sebaiknya pilih riding pants yang tahan terhadap angin dan sudah memiliki protektor di bagian lutut, sehingga sobat nggak perlu repot bongkar pasang protektor tambahan. Semua sudah all inclusive di dalam riding pants. Lebih menarik lagi kalau menggunakan riding pants yang tahan angin dan air sekaligus. Tentu ini akan menjadi nilai lebih, karena kita nggak pernah tau kondisi jalan dan kondisi cuaca seperti apa yang akan dilalui. Kalau mau beli riding pants adventure yang sudah satu set dengan jaket adventure juga ada kok. Tapi harganya bakal mahal kalau beli yang model satu set seperti itu karena biasanya dikeluarkan oleh brand-brand ternama.

Boots

Boots atau sepatu juga menjadi komponen yang nggak kalah penting nih sob dalam riding adventure. Kenapa? Boots yang bagus bisa mengurangi cedera berlebih saat terjadi kecelakaan. Ada baiknya sobat menggunakan riding boots dengan perlindungan maksimal, mulai dari ujung jari, tumit, hingga tulang kering. Banyak pilihan riding boots di pasaran mulai dari touring boots hingga enduro/motocross boots. Tapi, alangkah baiknya kalau sobat menggunakan riding boots yang didesain khusus untuk adventure atau boots untuk enduro/motocross, karena mempunyai struktur yang kuat melindungi tulang kering sangat maksimal. Yups, motocross boots yang tinggi memang memberikan keunggulan tersendiri. Saat menggunakan boots motocross nggak bisa dipungkiri lebih ribet daripada menggunakan touring boots yang lebih simple, namun safety tentu jauh lebih penting kan? Apalagi motocross boots juta termasuk tahan lain. Mau menerjang genangan air, menyeberangi sungai dangkal, hingga hujan-hujanan nggak akan menjadi masalah.

riding-adventure-apparel-002


Advertisements