Yamaha Serow 30th Anniversary Limited Edition, Asli Keren Bro!


Yamaha-Serrow-250-30th-anniversary-limited-edition-010

Sobat Adventuriderz, sudah pernah mendengar nama Yamaha Serrow? Yups, itu adalah salah satu motor dual sport 250 cc dari pabrikan berlogo garputala. Pada tahun ini Yamaha Serrow merayakan ulang tahun yang ke-30 sejak pertama kali diluncurkan. Oleh karena itu, Yamaha akan menjual Yamaha Serrow 30th Anniversary Limited Edition. Seperti apa modelnya?

Yamaha Serrow ini merupakan motor dual sport yang bisa digunakan on road maupun off road sekaligus. Di beberapa negara, Yamaha Serrow juga dikenal dengan nama Yamaha XT250. Usia 30 tahun tentu bukanlah usia yang muda bagi sebuah sepeda motor. Eksistensi Yamaha Serrow yang bisa bertahan hingga sekarang menunjukkan bahwa motor dual sport ini masih sangat digemari. Alasannya karena model dari Yamaha Serrow tidak lekang dimakan jaman. Selain itu, Yamaha Serrow menggunakan mesin kecil, perawatan mudah, dan dapat diandalkan.

Pada Yamaha Serrow 30th Anniversary Limited Edition, nggak ada perubahan di sektor mesin. Yamaha Serrow masih mengusung mesin silinder tunggal 249 cc, SOHC, 4-stroke, dan berpendingin udara yang mampu mengeluarkan tenaga 18 HP/7.500 rpm dan torsi sebesar 19 Nm/6.500 rpm. Kekuatan ini disalurkan menuju roda dengan transmisi manual 5-percepatan. Sementara itu, tangki Yamaha Serrow mampu menampung hingga 9,6 liter bahan bakar dan motor itu sendiri memiliki bobot 130 kilogram.

Lalu, apa yang berbeda pada Yamaha Serrow 30th Anniversary Limited Edition? Hanya pada grafisnya saja sob. Versi limited edition terdapat dua pilihan warna yang sangat menarik dan eye catching. Warna pertama adalah kombinasi antara biru dan putih pada bagian body yang dipadu dengan velg berwarna gold, sedangkan yang kedua berwarna kombinasi antara abu-abu dan putih yang diberi aksen warna orange pada bagian body dan velg. Model Yamaha Serrow saja sudah keren, ditambah dengan warna yang lebih baru, motor pun jadi tampak semakin keren. Bener-bener bikin kepincut para penggemar dual sport ini.

Nah, semestinya Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memasukkan Yamaha Serrow yang memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan dengan memasukkan Yamaha WR250R yang super hi-tech. Kenapa? Kalau dijual di Indonesia, Yamaha Serrow ini jauh lebih terjangkau di kantong konsumen Indonesia. Apalagi kalau bisa diproduksi secara lokal. Lha wong mesin Yamaha Serrow kurang lebih sama dengan mesin Yamaha Scorpio Z yang pernah diproduksi oleh YIMM kok.

Di Jepang, Yamaha Serrow dijual dengan harga ¥ 545.000 atau setara dengan US$ 4.500. Kalau dirupiahkan dengan kurs Rp 13.200 per dolar Amerika Serikat ya kurang lebih Rp 59 jutaan. Itu harga di Jepang lho ya. Kalau diboyong ke sini tentu strategi pricing bisa berbeda. Syukur kalau bisa dilokalkan. Setidaknya bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan Yamaha WR250R yang dijual Rp 93 juta on the road Jakarta. Seperti sobat ketahui, produk yang dibuat di Jepang memiliki built quality yang superb! Nggak heran harganya mahal abis walaupun spesifikasinya biasa saja.


Advertisements