Gazgas Hummer, Motor Dual Sport Lokal dengan Tenaga Brutal


GAZGAS-Hummer-004

Mungkin banyak di antara sobat sekalian yang masih kurang familiar dengan brand motor Gazgas. Ya nggak bisa dipungkiri, Gazgas merupakan brand lokal dan belum begitu besar. Dibandingkan brand lokal lain seperti VIAR atau Minerva, Gazgas pun bisa dikatakan lebih kecil. Apalagi segmen yang digarap oleh brand motor dengan markas di Pasuruan, Jawa Timur, ini hanyalah segmen motor trail/off road saja.

Akan tetapi, bagi para penggemar motor off road, terutama di wilayah Jawa Timur, tentu sudah nggak asing lagi dengan yang namanya Gazgas. Maklum saja, Gazgas memiliki jaringan pemasaran paling luas di Jawa Timur. Di daerah-daerah lain memang ada, seperti di Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Bali. Tapi tetap saja jaringannya nggak sebanyak di Jawa Timur. Nah, kali ini Adventuriderz akan membahas salah satu motor dual sport yang dimiliki Gazgas, yaitu Gazgas Hummer. Bagaimana spesifikasinya? Berapa harganya? Apakah menarik untuk dibeli? Langsung simak saja ya!

Gazgas Hummer merupakan salah satu produk motor dual sport dari Gazgas Motor Indonesia. Hal itu terlihat dari adanya berbagai perlengkapan sehingga motor legal digunakan di jalan raya, seperti lampu utama, lampu sein, lampu belakang, spakbor belakang, hingga spion. Meskipun tergolong sebagai motor dual sport, namun Gazgas Hummer sudah sangat siap digunakan untuk enduro. Bisa sobat cek sendiri, ban yang digunakan Gazgas Hummer bukanlah ban dual purpose, melainkan ban murni untuk off road. So, ini adalah salah satu keunggulan Gazgas Hummer, konsumen nggak perlu ganti ban lagi saat ingin menggunakan motor untuk trabas dan blusukan di jalur off road. Akan tetapi, keunggulan itu sekaligus kelemahan, sebab ban off road murni tentu nggak nyaman dan cepat habis jika digunakan di jalan aspal.

Dari segi desain bisa dikatakan Gazgas Hummer sangat agresif dan tampak sangat keren. Suspensi depan upside down berwarna gold dan swing arm lebar membuatnya tampak gagah, sementara frame tubular yang dilabur cat berwarna orange juga memberikan kesan kokoh. Headlamp yang digunakan pada Gazgas Hummer sekilas mirip seperti headlamp Gazgas GE250 Enduro dan VIAR Cross X 250 SE, cukup manis dan pas!

Beralih ke sektor mesin, Gazgas Hummer menggunakan mesin silinder tunggal 149 cc, SOHC, 4-stroke, 2 valve, dan berpendingin udara. Satu yang cukup menakjubkan, mesin dengan sistem pembakaran karburator ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga hingga 12 kW (16 HP)/7.000 rpm dan torsi sebesar 17,5 Nm/5.500 rpm. Wow! Sebuah tenaga dan torsi yang sangat mengagumkan untuk ukuran motor dual sport 150 cc. Jika tenaga dan torsi Gazgas Hummer sesuai seperti yang disebutkan, maka motor ini menjadi motor dual sport 150-200 cc paling powerful yang dijual di Indonesia. Bahkan power dan torsi itu jauh meninggalkan Kawasaki KLX 150S/L dan VIAR Cross X 200/SE.

Nah, di sektor ban, Gazgas Hummer menggunakan ban pacul berukuran 70/100-19 di bagian depan dan 90/100-16 di bagian belakang. Ukurannya sama dengan ban yang dipasang pada Kawasaki KLX 150S, VIAR Cross X 150, dan VIAR Cross X 200. Tapi jangan bayangkan motor akan tampak cebol atau mungil.. Nggak sama sekali… Malah Gazgas Hummer terlihat bongsor dan jangkung. Motor ini memiliki panjang 2.075 mm, lebar 808 mm, dan tinggi 1.190 mm. Asyiknya, ketinggian jok (seat height) Gazgas Hummer adalah 890 mm. Artinya, walaupun menggunakan ban berukuran 16-19 inch, namun ketinggian jok Gazgas Hummer lebih tinggi daripada Kawasaki KLX 150L yang hanya 875 mm dan sama persis dengan VIAR Cross X 200 SE yang menggunakan ban berukuran 18-21 inch!! Kemungkinan pemasangan suspensi yang panjang ikut mendongkrak seat height dari Gazgas Hummer, sehingga menjadi motor yang jangkung. Untuk memenuhi kebutuhan adventure, Gazgas memasangkan tangki bahan bakar berkapasitas 8 liter pada motor 150 cc ini. Rem cakram depan-belakang sepertinya menjadi fitur mutlak bagi motor modern. Tentu saja itu sudah tersemat pada Gazgas Hummer.

Berdasarkan spesifikasi di atas kertas, Gazgas Hummer memang mengalahkan kompetitornya, baik brand Jepang maupun brand lokal, di kelas motor dual sport 150-200 cc. Ban standar yang lebih berorientasi off road memang memberikan keuntungan tersendiri bagi para rider yang lebih banyak menghabiskan waktu di jalur off road ketimbang jalan aspal. Bagaimana soal harga? Pihak Gazgas sendiri memberikan konfirmasi kepada Adventuriderz bahwa Gazgas Hummer dijual dalam bentuk off the road dan on the road. Jika sobat hanya ingin menggunakan Gazgas Hummer khusus untuk enduro, bisa membeli secara off the road dengan harga Rp 17.750.000. Tapi jika ingin motor ini legal digunakan di jalan raya dan bisa digunakan untuk dual sport adventure, sobat bisa membeli secara on the road dengan harga Rp 21.350.000. Harga itu berlaku di area Jawa Timur ya. Di daerah-daerah lain harganya sangat mungkin berbeda. Salah satu kelemahan utama dari Gazgas adalah jaringan 3S (sales, service, spare parts) yang masih sangat rendah dibandingkan dengan para kompetitor.


Advertisements