Honda SFA 150 Bakal Mejeng di Osaka Motorcycle Show 2015

Honda-SFA-150-002

Sebuah motor konsep, Honda SFA 150, yang pernah dipamerkan oleh Astra Honda Motor (AHM) di Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2014, akan diboyong ke Jepang untuk ditampilkan dalam pameran Osaka Motorcycle Show 2015. Sebagai motor konsep, memang Honda SFA 150 belum tentu akan diproduksi. Tapi jika mendapatkan sambutan yang baik, bukan tidak mungkin Honda SFA 150 akan diproduksi untuk memeriahkan pasar motor berkubikasi rendah di dunia.

Dari segi desain, Honda SFA 150 memang tampak sangat keren! Desainnya seperti motor streetfighter dengan frame tubular. Meskipun hanya motor kecil, namun berbagai part yang dijejalkan pada Honda SFA 150 tampak tidak main-main. Lihat saja suspensi depan sudah menggunakan upside down, sementara swing arm menggunakan model banana menyerupai motor-motor berkubikasi besar. Velg lebar dan ban gambot yang diusung Honda SFA 150 juga membuatnya tampak sangat kekar. Di sektor dapur pacu, Honda SFA 150 dipasangi mesin silinder tunggal 150 cc, DOHC, 4-stroke, 6-percepatan, dan berpendingin radiator milik Honda CB150R Street Fire.

Sejauh ini Honda memang tidak pernah mengumumkan secara resmi konsep seperti apa yang diusung oleh Honda SFA 150. Namun melihat bentuknya yang seperti itu, kemungkinan besar motor ini nantinya digunakan Honda untuk terjun di pasar motor streetfighter berkubikasi kecil untuk melawan Yamaha MT-125 dan KTM Duke 125 di Eropa. Dengan melihat berbagai fitur melimpah, perhatian utama pada Honda SFA 150 jika memang jadi diproduksi adalah terkait dengan harga. Beberapa part yang bisa mendongkrak harga Honda SFA 150 tentu saja pada bagian suspensi upside down, single-sided arm, dan model knalpot berteknologi tinggi yang tersembunyi di bawah jok.

Untuk pasar Eropa, sangat mungkin Honda SFA mengadopsi mesin 125 cc milik Honda CBR125R. Bisa jadi ini nanti akan head-to-head dengan Yamaha MT-125 dan KTM Duke 125 yang punya fitur dan part tidak kalah memikat. Bagaimana dengan di Indonesia? Sejumlah rumor mengatakan bahwa Honda SFA di Indonesia akan menggendong mesin 250 cc silinder tunggal milik Honda CBR250R. Kalau dipasang mesin 250 cc sudah bisa dipastikan akan menggunakan frame yang berbeda. Bentuk frame mungkin masih sama-sama menggunakan model tubular yang diadopsi dari Honda CBR250R. Konon, Honda SFA sekaligus akan menjadi pengganti dari Honda Tiger yang sudah disuntik mati. Cuma masalahnya, mau dibandrol berapa kalau next Honda Tiger menggunakan part-part yang sophisticated seperti ini?

Honda-SFA-150-001


Advertisements