Pengen Motor Dual Sport Performa Tinggi? Ada Nih dari Husqvarna

Husqvarna-TE-250-001

Para penggemar dual sport adventure tentu saja mendambakan sebuah motor dual sport yang tangguh dengan performa menawan untuk menemaninya melakukan kegiatan adventure. Sayangnya, produk motor dual sport di Indonesia bisa dikatakan masih sangat minim. Dari brand Jepang saat ini hanya ada Kawasaki (KLX 150S, KLX 150L, KLX 250S) dan Yamaha (WR250R). Selebihnya motor dual sport diisi oleh brand lokal seperti VIAR (Cross X 150, Cross X 200, Cross X 200 SE), APPKTM (Power Trek GTX 150), Gazgas (Hummer 150), dan mungkin masih ada beberapa brand lokal lain yang nggak bisa Adventuriderz sebutkan satu per satu (Baca: Aneka Pilihan Motor Dual Sport 150-250 cc di Indonesia).

Kalau ingin motor dual sport yang punya tenaga mumpuni tanpa memperhitungkan harga, tentu saja Kawasaki KLX 250S dan Yamaha WR250R bisa menjadi pilihan. Keduanya dibandrol dengan harga masing-masing Rp 61 jutaan dan Rp 93 jutaan on the road Jakarta. Masih kurang pilihannya? Sobat bisa melirik brand motor asal Eropa, Husqvarna. Anak perusahaan dari KTM ini sudah masuk ke pasar motor Indonesia melalui Husqvarna Motor Indonesia. Memang Husqvarna Motor Indonesia punya produk dual sport? Ini yang bakal kita bahas.

Husqvarna Motor Indonesia saat ini memasarkan delapan produk, dengan komposisi enam produk enduro series dan dua produk motocross series. Produk enduro series terdiri dari TE 125 (2-Stroke), TE 250 (2-Stroke), FE 250 (4-Stroke), FE 350 (4-Stroke), FE 450 (4-Stroke), dan FE 501 (4-Stroke), sedangkan produk motocross hanya ada TC 85 (2-Stroke) dan FC 250 (4-Stroke). Menerjemahkan nama-nama produk dari Husqvarna ini juga cukup mudah kok. Awalan “T” atau Two menunjukkan bahwa itu menggunakan mesin 2-Stroke, sementara awalan “F” atau Four berarti menggunakan mesin 4-Stroke. Sementara itu, huruf di belakang “E” berarti Enduro dan huruf “C” artinya Motocross (Baca: Perbedaan Motor Dual Sport, Motard, Enduro, dan Motocross).

Kalau dilihat dari produk-produk itu memang nggak ada varian dual sport yang legal digunakan di jalan raya. Semua dijual dalam bentuk off the road. Namun, Adventuriderz sudah mendapatkan konfirmasi langsung dari Husqvarna Motor Indonesia bahwa ada produk-produk yang bisa dibuat street legal. Dealer Development Manager Husqvarna Motor Indonesia, Pak Thobie, mengungkapkan motor dari Husqvarna yang bisa dibuat on the road adalah enduro series dengan kubikasi mesin 250 cc ke bawah. Artinya apa? Sobat bisa membeli TE 125, TE 250, dan FE 250 secara on the road.

Sebagai motor enduro, TE 125, TE 250, dan FE 250 sudah dilengkapi dengan lampu utama, lampu belakang, dan fender belakang. Untuk menjadikannya sebagai motor jalanan hanya perlu menambahkan lampu sein, kaca spion, dan dudukan plat nomor. Setelah itu motor bisa diregistrasikan, sehingga sobat saat membeli motor akan dilengkapi dengan STNK dan BPKB. Berubahlah motor enduro itu menjadi motor dual sport street legal. “Motor yang bisa digunakan di jalan raya (STNK dan BPKB) adalah motor dengan kapasitas 250 cc ke bawah saja, sedangkan tipe motocross tidak bisa digunakan di jalan raya,” terang Pak Thobie.

Well, semua sudah pada mahfum kalau produk yang ditawarkan oleh Husqvarna memiliki performa yang sangat dahsyat. Jadi jangan heran kalau harganya tergolong mahal walaupun berkubikasi rendah. Apalagi ini adalah motor buatan Eropa yang terkenal berkualitas tinggi dengan rasa pride tersendiri saat menungganginya. Lho, memang berapa harganya? Husqvarna Motor Indonesia membandrol TE 125 dengan harga Rp 114 juta, TE 250 127,5 juta, dan FE 250 Rp 142 juta. Itu semua adalah harga off the road. Kalau sobat mau membeli secara on the road, umumnya ada biaya Bea Balik Nama (BBN) sebesar 10-15 persen dari harga off the road. Jiaaaann.. Motor dengan kubikasi kecil pun harganya bikin rontok rekening.

Husqvarna-FE-350-and-Husqvarna-FE-501


Advertisements