• Home »
  • Article »
  • Hero Impulse, Dual Sport asal India… Gimana Kalau Masuk Indonesia?

Hero Impulse, Dual Sport asal India… Gimana Kalau Masuk Indonesia?

Hero-Impulse-004

Pasar motor dual sport berkubikasi kecil di Indonesia memang sedang cukup berkembang. Dari brand Jepang misalnya sudah ada Kawasaki KLX 150S dan Kawasaki KLX 150L, sedangkan dari brand lokal ada VIAR Cross X 150, VIAR Cross X 200, VIAR Cross X 200 SE, hingga Gazgas Hummer. Persaingan motor dual sport berkubikasi kecil ini kemungkinan besar bakal semakin intens karena kabarnya Hero Impulse yang berasal dari India juga akan masuk ke Indonesia. Sebenarnya seperti apa sih Hero Impulse itu?

Hero merupakan salah satu pabrikan motor terbesar di India. Dulu Hero sempat berafilias dengan Honda. Satu-satunya produk motor dual sport yang keluarkan oleh Hero adalah Hero Impulse. Motor ini memiliki mesin 150 cc. Menurut Adventuriderz, desain Hero Impulse memang nggak terlalu menawan. Nggak seganteng Kawasaki KLX 150 ataupun VIAR Cross X 200 yang secara desain lebih condong sebagai dirt bike. Ingat, ini hanya opini pribadi. Permasalahan desain bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Namun sebagai motor dual sport, Hero Impulse menawarkan kenyamanan jok yang lebih bagus untuk penggunaan di jalan raya. Monggo dilihat, jok Hero Impulse lebih mirip seperti jok street bike, tebal dan lebar sehingga lebih nyaman saat digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Secara umum desain Hero Impulse cenderung mirip dengan Honda NXR 160 Bros yang dijual di Brazil, meskipun Honda NXR 160 Bros tampak jauh lebih modern.

Nah, jika desain motor India kebanyakan nggak begitu futuristis, tapi beda cerita untuk sektor mesin. Di  bagian ini Hero Impulse cukup oke.. Mesin 149 cc, SOHC 4-stroke, dan berpendingin udara yang diusungnya mampu mengeluarkan tenaga maksimal 9,7 kW/7.500 dan torsi 13,4 Nm/5.000 rpm. Artinya, dengan power dan torsi sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk mengungguli Kawasaki KLX 150. Bahkan power dan torsi itu bisa dikatakan berimbang dengan VIAR Cross X 200 yang berkubikasi 200 cc. Sebagai motor dual sport kecil, mesin Hero Impulse tergolong yahudd!

Hero Impulse sebenarnya cukup unik sebagai motor dual sport. Jika umumnya motor dual sport kecil menggunakan ban berdiameter 16-19 inch atau 18-21 inch, Hero Impulse dengan pede mengusung ban berdiameter 17-19 inch. Lengkapnya, roda depan menggunakan ukuran 90/90-19, sedangkan roda belakang dipasang ban berukuran 110/90-17. Salah satu sisi minus Hero Impulse terletak pada sistem pengereman. Yups, rem depan Hero Impulse sudah menggunakan rem cakram berdiameter 240 mm, tetapi rem belakang masih berupa tromol. Rem belakang memang nggak dominan dipakai dibandingkan dengan rem depan. Namun bagi konsumen Indonesia, rem cakram depan-belakang menjadi nilai lebih karena motor terlihat lebih keren!

Fitur lainnya sih tergolong standar saja sob, nggak ada yang cukup istimewa dengan Hero Impulse. Misalnya saja transmisi 5-percepatan, rangka semi double cradle, dan suspensi depan upside down, sementara suspensi belakang mono shock. Salah satu nilai lebih yang ada pada Hero Impulse adalah tangki bahan bakar yang mempunyai kapasitas besar, mencapai 11,1 liter. Ini tentu jauh lebih besar dibandingkan dengan motor-motor dual sport lain yang sudah beredar di Indonesia. Saat melakukan dual sport adventure pun nggak perlu was-was kehabisan bensin di tengah perjalanan. Selain itu, ketinggian jok yang hanya 835 mm juga sangat bersahabat bagi postur orang Indonesia kebanyakan.

Bagaimana dengan ketahanan dan ketangguhan motor? Rasanya nggak perlu diragukan lagi deh kalau motor buatan India. Malah Hero Impulse pernah digunakan oleh off roader ternama asal Australia, Adam Riemann, saat melakukan petulangan bertajuk Himalayan Megadventure hingga ke Pegunungan Himalaya sejauh 4.500 kilometer. Waktu Adventuriderz melihat videonya sih track yang dilewati lumayan bikin merinding sob.

Sekarang nih sob ya, kalau Hero Impulse dipasarkan di Indonesia dan harganya dibenturkan dengan Kawasaki KLX 150 antara Rp 25-27 juta, gimana menurut sobat? Oke nggak? Atau malah lebih menarik kalau harganya dibenturkan dengan VIAR Cross X 200 SE dan Gazgas Hummer? Konon kabarnya ada distributor yang berminat memasukkan Hero Impulse ke Indonesia. Motor akan didatangkan secara terurai, kemudian akan dirakit di sebuah pabrik di Indonesia. Monggo yang mau urun rembug pendapat dan sarannya!


Advertisements