Honda BULLDOG Concept, Motor yang Unik dan Nyentrik

Honda-Bulldog-Concept-002

Di ajang Osaka Motorcycle Show 2015, pabrikan motor terbesar di dunia, Honda, memang memamerkan beberapa motor konsep. Selain Honda CRF250 Rally Concept yang sangat memikat dan Hodna SFA 150 yang cukup garang, ternyata masih ada lagi nih motor yang tergolong sangat unik dan nyentrik dari Honda. Namanya adalah Honda BULLDOG Concept. Seperti apa sih keunikannya?

Konon, Honda BULLDOG dirancang dengan konsep “Lovable Touring Partner”. Artinya, motor ini diharapkan bisa menjadi mitra touring bagi pengendaranya, mengantarkan liburan ke berbagai spot outdoor yang menarik. Keunikan lainnya adalah Honda BULLDOG yang digadang-gadang sebagai partner touring ini juga mewarisi konsep sebuah mini bike dan adventure bike.

Honda BULLDOG memang memiliki desain yang sangat nyentrik. Penampilannya mirip seperti sebuah motor adventure yang garang. Itu terlihat dari kaki-kakinya yang dipasangi ban tipe dual purpose dan memiliki knalpot under tail di sisi kanan. Bodinya yang gendut dengan tangki besar menyiratkan Honda BULLDOG layaknya motor adventure-tourer berkubikasi besar. Namun, Honda BULLDOG menggunakan ban berdiameter kecil, hanya 15 inch, sehingga nampak seperti layaknya mini bike. Di sisi lain, Honda BULLDOG mengusung lampu utama bulat yang terkesan retro, kemudian lampu ini dilindungi oleh frame trellis, membuatnya sangat garang seperti layaknya adventure bike.

Apalagi yang unik dan menarik dari Honda BULLDOG? Coba lihat pada bagian samping kanan dan kiri tangki bahan bakar. Itu terdapat ruangan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang atau bagasi. So, motor cebol menyerupai seekor bulldog dan memiliki ketinggian jok hanya 730 mm ini memiliki ruang bagasi yang lebar. Berbagai macam barang untuk keperluan touring bisa ditaruh di ruang bagasi sebelah tangki. Jarang ada kan sebuah motor sport yang punya fitur seperti ini?

Bagaimana dengan sektor mesin? Honda BULLDOG menggunakan mesin DOHC dua silinder sejajar berkapasitas 399 cc. Mesin ini kemudian digerakkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Kemungkinan besar mesin ini nyomot dari Honda CBR400R. Saat ini Honda BULLDOG memang hanya sebatas motor konsep. Namun, bisa saja motor konsep ini benar-benar diproduksi secara masal. Akan sangat menarik juga melihat motor yang unik dan eksentrik ini berkeliaran di jalanan.

Honda-Bulldog-Concept-003


Advertisements