Yamaha Indonesia Akan Produksi Motor Dual Sport 150 cc?

Yamaha-XTZ-150-Crosser-001

Ada selentingan kabar yang cukup menarik nih sob.. TMCBlog menghembuskan kabar Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan memproduksi sebuah motor dengan kode Yamaha B74. Motor ini benar-benar produk yang baru bagi YIMM, berjenis sport dan berkopling manual. Menariknya, sangat mungkin Yamaha B74 ini nanti adalah sesosok motor dengan tipe dual sport dengan kubikasi mesin 150 cc.

Segmen dual sport 150-200 cc memang sedang cukup menggiurkan. Brand Jepang yang bermain di segmen ini hanyalah Kawasaki melalui KLX 150S dan KLX 150L, sementara sisanya diisi oleh brand-brand lokal seperti VIAR dan Gazgas. Jika Yamaha Indonesia ikutan masuk ke segmen ini, tentu saja persaingan akan semakin seru. Pabrikan akan berlomba-lomba memberikan produk terbaik, dan konsumen bisa memilih produk yang dianggap mempunyai value paling tinggi.

Kalau Yamaha Indonesia memproduksi motor dual sport 150 cc, bakal seperti apa wujudnya? Tentu saja ini masih sangat abu-abu sob. Di luar negeri sana sudah ada kok produk-produk dual sport Yamaha berkubikasi kecil. Di Brazil misalnya, Yamaha sudah memasarkan motor dual sport Yamaha XTZ 150 Crosser. Motor dengan mesin mirip seperti Yamaha Byson ini memiliki desain yang lebih ke arah street bike. Ya kalau Yamaha Indonesia ingin menjual motor dual sport dengan harga murah, sekitar Rp 20 juta lebih sedikit, desain Yamaha XTZ 150 Crosser ini bisa jadi pilihan.

Selain Yamaha XTZ 150 Crosser di Brazil, Yamaha ternyata juga punya motor dual sport yang lebih advance. Namanya Yamaha WR125R yang dipasarkan di Eropa. Berbeda dengan Yamaha XTZ 150 Crosser yang lebih condong seperti street bike, Yamaha WR125R mengusung desain layaknya dirt bike. Lho kan mesinnya cuma 125 cc? Iya betul, mesin Yamaha WR125R memang hanya 125 cc, tapi basisnya mirip dengan Yamaha Vixion dan Yamaha R15 di Indonesia. Di Eropa, mesin 125 cc itu diaplikasikan untuk Yamaha R125 (sport), Yamaha MT-125 (naked sport), dan Yamaha WR125R (dual sport). Bakal keren kan kalau mesin Yamaha Vixion dan Yamaha R15 diaplikasikan untuk motor dual sport 150 cc Yamaha nantinya.

Kalau mengusung desain seperti Yamaha WR125R dan mesin Yamaha Vixion, bolehlah calon motor dual sport 150 cc Yamaha dibandrol berdampingan dengan Kawasaki KLX 150L, sekitar Rp 28-29 jutaan. Tentu saja part-part yang digunakan juga nggak harus semewah Yamaha WR125R versi Eropa. Tau sendiri kan motor di pasaran Eropa walaupun kubikasi mesin kecil tapi fitur melimpah dan part yang dijejalkan juga kelas wajid. Nggak heran kalau harganya pun melambung tinggi. Nah, kalau sudah ada versi dual sport, nggak ada salahnya juga kalau nanti bikin versi motard. Kabar ini memang masih sangat prematur sih sob. Tapi nggak ada salahnya juga kita berandai-andai. Kalau Yamaha Indonesia beneran produksi motor dual sport, sobat pilih yang mana, model XTZ 150 Crosser di foto atas atau WR125R seperti di foto bawah?

Yamaha-WR125R-001


Advertisements