Carducci SC3 Adventure: Ketika HD Sportster Jadi Motor Dual Sport

harley-davidson-sportster-dual-sport-conversion-photo-gallery_16

Modifikasi memang tidak ada batasan. Seorang modifikator bisa mengubah motor apa saja menjadi bentuk yang sesuai dengan imajinasi dan keinginannya. Hal itu pula yang dilakukan oleh Jim Carducci sob. Carducci selama 40 tahun berkutat dengan dunia roda dua. Dia juga berpengalaman selama 32 tahun dalam bidang desain engineering, tapi kemudian Carducci mengambil langkah berani dengan membangun sebuah motor dual sport eksotis bernama Carducci SC3 Adventure.

Menariknya nih sob ya, Carducci SC3 Adventure dibuat dengan bahan dasar Harley-Davidson (HD) Sportster, tepatnya adalah Harley-Davidson 100th Anniversary Sportster lansiran tahun 2003. Mungkin ini menjadi motor dual sport Harley-Davidson pertama di dunia. Lalu, bagaimana hasil modifikasi Jim Carducci yang mengubah Harley-Davidson Sportster menjadi sebuah motor dual sport?

Ya sekarang bisa sobat lihat sendiri, hasil karya Jim Carducci begitu menawan. Wujud Harley-Davidson Sportster sudah berubah total. Carducci meng-custom bagian swing arm yang terbuat dari bahan dasar aluminium dan tangki bahan bakar agar sesuai dengan karakter motor dual sport. Kemudian Carducci memasang ban enduro berukuran 18-21 inch, dengan velg yang dibuat oleh Sun dan front hub buatan Talon. Joker Machine bertugas menyediakan foot pegs, Ohlins menyuplai sektor suspensi, sementara handlebar aluminium buatan Biltwell dipasangkan dengan triple clamp custom lengkap dengan risers yang mampu mengurangi getaran pada handlebar. Selain itu Jim Carducci juga memasang steering damper buatan Scott.

Agar motor lebih beraura off road, Jim Carducci melengkapi SC3 Adventure dengan crashbar, windshield berukuran mungil, skidplate atau engine cover, spakbor depan dengan posisi tinggi seperti layaknya motor trail dan terbuat dari bahan plastik, jok dari Corbin, dan pannier box berukuran kecil tepat di belakang jok. Bentuk dua buah knalpot juga dibuat menjulang di sisi kanan membuatnya amat sangat menarik.

Gimana menurutmu sob, Carducci SC3 Adventure keren nggak? Kalau menurut Adventuriderz sih ini benda seni kelas tinggi. Lha wong motor Harley-Davidson Sportster yang notabene berjenis cruiser dengan mesin 1.200 cc V-twin bisa diubah menjadi sebuah motor dual sport yang sangat garang tapi tetap terlihat cantik.


Advertisements