VIAR Bakal Jual Motor Trail Cross X 250 SE Road Legal??

VIAR-Cross-X-250-TMCBlog-007

Buat Adventuriderz, judul di atas sebenarnya bukanlah sebuah kabar baru. Kenapa? Adventuriderz sudah mendapatkan selentingan kabar itu hanya beberapa saat setelah VIAR meluncurkan Cross X 250 SE pada akhir Februari 2015, yang dijual hanya dalam bentuk off the road. Informan Adventuriderz itupun memiliki keakuratan yang cukup tinggi karena memang terlibat di dalamnya. Sayangnya, waktu itu sumber Adventuriderz meminta untuk tidak membuat postingan terlebih dahulu mengenai VIAR Cross X 250 SE road legal karena masih dalam proses uji tipe.

Nah, pada hari ini (10/4/2015), Mas Iwan Banaran membuat postingan mengenai sosok calon VIAR Cross X 250 SE road legal. So, udah nggak ada rahasia lagi dong mengenai project yang satu ini. Memang sangat benar VIAR sedang mempersiapkan Cross X 250 SE road legal. Kapan motor yang satu ini bakal nongol? Belum jelas sih kapan pastinya. Tapi kemungkinan butuh waktu enam bulan sejak Cross X 250 SE diperkenalkan. Ya mungkin sebelum akhir tahun nanti atau sekitar Agustus 2015. Itu prediksi Adventuriderz aja sih..

Karena nantinya motor ini bakal legal digunakan di jalan raya, maka motor harus dilengkapi dengan kelengkapan jalan raya seperti kaca spion, lampu utama, lampu sein, lampu belakang, rear fender, klakson, dan speedometer. Cukup itu aja? Nggak sob… Cross X 250 SE juga harus lulus uji emisi karbon EURO 3. Mungkin ini yang agak berat, karena dari awal Cross X 250 SE itu nyomot dari Zongshen XZ250R yang notabene adalah motor khusus enduro dan motocross dengan sistem pembakaran karburator. Selain itu, Cross X 250 SE juga harus lulus uji emisi suara kalau mau menjadi motor yang legal digunakan di jalan raya. Cross X 250 SE yang sekarang suaranya cukup menggelegar dengan knalpot model free flow.

Yups, performa Cross X 250 SE versi off road yang ada saat ini memang cukup memukau.  Apalagi harganya sangat masuk akal, hanya Rp 32,7 jutaan. Lha wong powernya mencapai 26 HP kok!! Kalau sudah menjadi motor road legal apakah masih punya power segitu? Bisa ya dan bisa tidak. Butuh usaha ekstra untuk mempertahankan power sebesar itu. Tapi jika nantinya versi road legal ada pemangkasan power, ya sobat sekalian nggak perlu heran. Untuk mengejar kelulusan uji emisi EURO 3 dan uji emisi suara memang sangat mungkin power akan dipangkas. Motor pun akan dipasangi knalpot yang lebih silent. Seandainya bisa lulus uji emisi karbon EURO 3 dan lulus uji emisi suara tanpa pemangkasan, Adventuriderz angkat topi buat tim VIAR. Lalu, apa pertimbangan VIAR menjual Cross X 250 SE versi road legal? Nanti kita bahas di postingan berikutnya deh!!


Advertisements