• Home »
  • Article »
  • Mungkin Ini Alasan Kenapa VIAR Ingin Jual Cross X 250 SE Road Legal…

Mungkin Ini Alasan Kenapa VIAR Ingin Jual Cross X 250 SE Road Legal…

VIAR-Cross-X-250-016

Kabar mengenai kehadiran VIAR Cross X 250 SE road legal mulai menyeruak di permukaan nih sob (Baca: VIAR Bakal Jual Motor Trail Cross X 250 SE Road Legal??). Saat ini VIAR hanya memasarkan Cross X 250 SE versi off the road dengan harga Rp 32,7 jutaan. Kalau menjadi kenyataan, langkah berani itu memang bukan hal yang aneh kok. Ada berbagai pertimbangan yang membuat VIAR melangkah lebih jauh dan tampak sangat serius bermain di segmen motor trail. Apa saja alasannya? Ini adalah opini pribadi Adventuriderz saja ya, jadi bisa benar dan bisa juga salah.

Alasan pertama adalah untuk memperluas pasar. Seperti sobat ketahui, segmen motor trail termasuk segmen hobby. Pasarnya memang sudah ada dan cukup matang, tapi jumlahnya nggak banyak. Dengan menjual Cross X 250 SE versi off the road saja berarti VIAR masuk ke pasar yang lebih sempit. Artinya pembeli Cross X 250 SE hanyalah dari kalangan pecinta enduro dan motocross saja.

Seandainya Cross X 250 SE tersedia pula dalam versi road legal, maka pembeli potensial akan semakin luas. Nggak hanya dari kalangan pecinta enduro dan motocross saja, tapi juga dari kalangan rider yang gemar dengan dual sport adventure. Sobat tahu sendiri kan dual sport adventure itu sebuah petualangan dengan menggunakan motor yang umumnya melalui jalanan kombinasi antara jalan aspal dan jalur off road. Sebuah motor yang legal digunakan di jalan raya mutlak diperlukan bagi para penggemar dual sport adventure.

Selain itu, melihat kondisi jalanan Indonesia kebanyakan yang masih rusak parah dan sering banjir, nggak cuma di desa tapi juga di kota, membuat motor trail road legal (dual sport) sangat ideal. Terbukti saat ini sudah banyak rider yang menggunakan motor dual sport di kota. Tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan sebagai kendaraan yang ideal, namun juga ingin tampil beda dibandingkan dengan motor-motor sport kebanyakan. Dengan menjual Cross X 250 SE road legal, berarti VIAR berupaya untuk memperluas target marketnya. Ini adalah kabar yang sangat bagus bagi para penggemar motor trail.

Lalu, apa alasan berikutnya? Permasalahan kredit sob… Sobat tahu kan kalau VIAR adalah brand lokal yang mulai gencar dalam memasarkan motor trail. Berbagai produk digelontorkan, termasuk Cross X 250 SE yang punya performa mumpuni. Sayangnya, khusus untuk Cross X 250 SE hanya tersedia versi off the road. Untuk membeli motor off the road tentu saja harus membayar secara cash. Nggak ada lembaga leasing yang mau memberikan pembiayaan bagi motor off the road. Lha wong nggak ada surat-suratnya (STNK, TNKB, BPKB) sebagai jaminan kok. Beli cuma dapat kwitansi pembelian saja lah istilahnya. Padahal target market VIAR adalah kalangan menengah ke bawah. Umumnya kalangan menengah ke bawah membeli produk dengan cara kredit. Kalau nggak ada fasilitas kredit gimana? Ya pembeli potensial lepas gitu aja.

Menurut Adventuriderz sih adanya Cross X 250 SE road legal bisa menjadi win-win solution bagi semua pihak. Nggak cuma buat VIAR, tapi juga buat para konsumen sesuai dengan kebutuhan dan dana masing-masing. Konsumen yang punya cukup duit tinggal beli secara cash, yang nggak punya duit banyak ya bisa tetap melakukan pembelian dengan fasilitas kredit. Konsumen yang hanya butuh Cross X 250 SE untuk keperluan enduro dan motocross tinggal beli versi off the road, sedangkan yang pengen digunakan untuk kendaraan operasional sehari-hari bisa beli versi on the road. Yang sudah punya motor versi on the road pengen mainan lumpur, ya gampang saja tinggal lepas lampu sein sama rear fender, jadi deh motor yang siap untuk blusukan. Josss banget nih VIAR kalau memang terealisasi!


Advertisements