Tampang Sangar Yamaha Super Tenere Worldcrosser Versi 2015

2015-yamaha-super-tnr-worldcrosser-looks-like-serious-business-photo-gallery_8

Kabar baik nih buat para rider penggemar motor adventure-tourer yang gemar melakukan perjalanan jarak jauh hingga melewati jalan-jalan off road yang cukup berat. Pasalnya, Yamaha sudah mengeluarkan motor adventure-tourer Yamaha Super Tenere Worldcrosser versi tahun 2015.

Bagaimana wujudnya? Asli garang banget sob! Sepertinya Yamaha cukup serius dalam mendandani Super Tenere Worldcrosser biar bisa bersaing ketat dengan motor adventure-tourer paling laris di dunia, BMW R 1200 GS series. Pada bagian body banyak dijejali oleh bahan karbon fiber. Misalnya saja pada bagian panel samping, protektor rangka, hingga protektor suspensi depan. Di Super Tenere Worldcrosser versi sebelumnya, bagian-bagian itu hanya berupa plastik saja. Dengan menggunakan bahan karbon fiber, tentu saja penampilan akan semakin menarik dan bobot lebih ringan.

Bagian mesin Super Tenere Worldcrosser dilengkapi dengan skid plate yang sangat kuat, jadi nggak perlu khawatir mesin bakal remuk kepentok saat menghajar kondisi jalanan yang buruk. Selain itu, cakram rem belakang juga diberi pelindung yang kuat. Seluruh protektor itu dibuat dari bahan dasar aluminium yang terlihat cakep dan juga kuat dalam kondisi ekstrem sekalipun.

Di bagian mesin tidak ada perubahan yang berarti. Super Tenere Worldcrosser tetap mengusung mesin dua silinder berkapasitas 1.199 cc dengan sistem pembakaran injeksi dan berpendingin cairan yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 112 HP/7.250 rpm dan torsi sebesar 117 Nm/6.000 rpm. Sungguh sebuah mesin yang cukup ganas untuk melibas berbagai kondisi medan sob! Nah, mesin itu digerakkan dengan transmisi manual 6-percepatan, lengkap dengan berbagai kontrol elektronik, seperti tiga mode traction control, D-mode mapping, unified braking system plus ABS, serta velg jari-jari yang disandingkan dengan ban dual purpose jenis tubeless.

Apakah cukup itu saja? Ternyata nggak tuh sob. Yamaha melengkapi Super Tenere Worldcrosser dengan berbagai aksesoris menarik. Misalnya saja knalpot standar menggunakan merk Akrapovic, sudah ada lampu kabut, sistem bagasi, engine guard, suspensi yang bisa di-setting secara elektronik, top case, grip penghangat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Secara total, Yamaha Super Tenere Worldcrosser memiliki bobot mencapai 261 kilogram dan ground clearance 205 mm. Benar-benar motor yang sangat ideal untuk menjelajah dunia.


Advertisements