• Home »
  • Article »
  • Menanti Kehadiran Si Adventure Sport, Bajaj Pulsar AS 200 di Indonesia

Menanti Kehadiran Si Adventure Sport, Bajaj Pulsar AS 200 di Indonesia


Bajaj-Pulsar-AS-200-001

Wah, kabar yang sangat menarik datang dari India sana nih sob. Pasalnya, pabrikan asal India, Bajaj, baru saja meluncurkan dua produk terbaru dengan nama Pulsar AS 150 dan Pulsar AS 200. Coba deh tebak, berjenis apakah kedua motor itu? Yups, nggak salah lagi sob, Pulsar AS 150 dan Pulsar AS 200 mengusung konsep sebagai motor adventure sport (AS) atau kalau di luaran sana lebih umum dengan sebutan. Hadirnya kedua motor itu tentu sudah cukup menunjukkan bahwa pasar motor adventure dengan kubikasi rendah memang cukup diminati oleh konsumen.

Oke… Sekarang bahas tentang Pulsar AS 200 dulu deh. Seperti sobat lihat di foto, desain Pulsar AS 200 90 persen identik dengan Pulsar 200 NS, mulai dari bentuk tangki, frame, model jok, suspensi, roda, hingga ke mesin semuanya sama. Kalaupun ada yang berbeda itu terlihat pada bagian headlamp saja. Berbeda dengan Pulsar 200 NS yang mengusung model sebagai naked sport, Pulsar AS 200 sebagai motor adventure sport menggunakan fairing yang hanya menutup setengah body alias half fairing. Desain seperti ini memang sudah sangat jamak untuk sebuah motor adventure sport. Desain ini terlihat semakin manis ketika pada bagian ujung atas headlamp dipasang windscreen berukuran kecil. Menariknya lagi, lampu depan Pulsar AS 200 sudah menggunakan tipe proyektor, dijamin penerangan akan semakin josss!!

Seperti yang sudah Adventuriderz katakan, sasis, body, dan mesin Pulsar AS 200 sama persis dengan Pulsar 200 NS yang sudah beredar di Indonesia. Mesinnya berkapasitas 199,5 cc, SOHC, 4-stroke, 4 valve, dan berpendingin cairan yang dilengkapi dengan teknologi DTS-i khas Bajaj serta tiga buah busi. Sudah tentu Pulsar AS 200 memiliki tenaga yang nggak main-main. Power maksimal yang bisa dikeluarkan motor baru ini mencapai 23,5 PS/9.500 rpm dengan torsi maksimal sebesar 18,3 Nm/8.000 rpm. Sebuah angka yang bikin bergidik para pesaingnya dengan kubikasi setara maupun yang lebih tinggi.

Bagaimana dengan si kecil Pulsar AS 150? Dari segi desain, Pulsar AS 150 juga sama persis dengan Pulsar AS 200. Kedua kakak beradik ini memang saling berbagi rangka. Bedanya hanya terletak pada bagian mesin, di mana Pulsar AS 150 mengusung mesin dengan kubikasi 149,5 cc, SOHC, 4-stroke, 4 valve, berpendingin udara, serta menggunakan teknologi DTS-i dan dua busi. Meskipun mesinnya kecil, namun Pulsar AS 150 mampu mengeluarkan tenaga hingga 17 PS/9.500 rpm dan torsi sebesar 13 Nm/7.000 rpm. Perbedaan lainnya terletak pada bagian-bagian minor, seperti ukuran roda dan diameter rem cakram. Baik Pulsar AS 200 maupun Pulsar AS 150 memiliki tiga pilihan warna sob, antara lain merah, hitam, dan biru.

Pertanyaannya sekarang adalah, mungkinkan Pulsar AS 150 dan Pulsar AS 200 masuk ke Indonesia? Sudah tentu sangat mungkin sob. Sebelum kedua motor itu diluncurkan, Pulsar AS 200 malah sudah diperlihatkan kepada perwakilan dealer Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dan perwakilan komunitas asal Indonesia saat berkunjung ke Pune, India. Jika memang masuk ke Indonesia, mungkin saja KMI hanya akan memasukkan Pulsar AS 200 untuk mendampingi Pulsar 200 NS yang lebih dahulu dipasarkan. Selain itu, sangat mungkin pula KMI memboyong Pulsar RS 200 (versi sport full fairing) ke Indonesia untuk melengkapi varian Pulsar 200 series. Kapan akan diboyong ke Indonesia? Ntahlah.. Hanya KMI, Bajaj, dan Tuhan yang tahu. Sobat tahu sendiri KMI nggak pernah gembar-gembor saat melakukan peluncuran produk. Tiba-tiba nongol aja…

Nah, uniknya walaupun menggunakan half fairing, namun di India Pulsar AS 200 dijual lebih murah sedikit saja dibandingkan dengan Pulsar 200 NS yaitu sekitar Rp 19 juta, sedangkan Pulsar AS 150 dijual lebih murah yaitu sekitar Rp 17 juta. Berapa harga yang pantas kalau seandainya Pulsar AS 200 diboyong ke Indonesia oleh KMI? Harusnya sih sama dengan harga Pulsar 200 NS.. Lha wong di India sana harga Pulsar AS 200 dan Pulsar 200 NS nggak ada perbedaan yang berarti kok. KMI sekarang menjual Pulsar 200 NS dengan harga Rp 23,9 juta on the road Jakarta. Ya kalau misalnya Pulsar AS 200 masuk, harga Rp 24 juta on the road Jakarta masih sangat masuk akal. Gimana menurutmu sob?


Advertisements