Wah, Perlu 1 Bulan Untuk Indent Kawasaki KLX150… Masih Laris??

Kawasaki-KLX-150L-001

Sobat Adventuriderz, berdasarkan data wholesale dari AISI sejak Januari hingga Maret 2015, penjualan motor Kawasaki di Indonesia terlihat cukup menggembirakan. Bahkan penjualan Kawasaki berada di posisi ketiga di bawah Honda dan Yamaha setelah berhasil menyalip Suzuki yang harus puas di posisi keempat. Dalam waktu tiga bulan pertama 2015, Kawasaki berhasil menjual 42.468 unit motor, meninggalkan Suzuki yang hanya berhasil menjual sebanyak 31.408 unit. Apa sih yang membuat Kawasaki bisa menyalip Suzuki?

Nah, Wakil Kepala Departemen Penjualan dan Promosi Kawasaki Motor Indonesia Michael Chandra Tanadhi mengatakan, tingginya penjualan motor Kawasaki itu terjadi karena perusahaan memproduksi lebih banyak motor setelah pabrik baru di Cikarang Barat beroperasi. Imbasnya, waktu indent produk Kawasaki menjadi berkurang. “Kebetulan permintaan Kawasaki masih banyak yang indent, jadi kami mencoba memenuhinya,” kata Michael.

Menurut Michael, permintaan berbagai produk Kawasaki sekarang sudah bisa dipenuhi, kecuali Kawasaki KLX150. Yups mas bro, untuk mendapatkan motor dual sport yang satu ini masih butuh indent yang agak lama. Memang dengan adanya pabrik baru waktu indent menjadi terpangkas, dari awalnya 1,5 bulan menjadi 1 bulan saja. “Semua model sekarang relatif sudah siap unitnya di jaringan pemasaran, tinggal KLX150 saja masih indent sebulan, meskipun sudah turun dari sebelumnya 1,5 bulan,” ungkapnya..

Well, meskipun sudah digempur oleh pabrikan lokal yang menawarkan produk dan harga lebih masuk akal, ternyata Kawasaki KLX150 series masih cukup bertaji nih sob alias laris manis. Banyak yang bilang Kawasaki KLX150 itu overpriced, mesin letoy, teknologi jadul, barang ringkih, dan lain-lain. Tapi selama belum ada brand Jepang lain yang bermain di segmen yang sama, Adventuriderz memprediksi penjualan Kawasaki KLX150 masih akan terus mengalir deras. Bagi brand lokal, mempunyai produk yang mempunyai value tinggi saja nggak akan cukup untuk menjungkalkan Kawasaki KLX150 series. Butuh effort yang lebih besar. Nggak cuma produk bagus dan harga terjangkau, namun juga ketersediaan suku cadang, jaringan 3S luas, durability bagus, dan masih banyak PR lainnya. Karena untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen itu perlu waktu yang tidak singkat.


Advertisements