Kawasaki Masih Nggak Rela Hentikan Produksi Ninja 150 2-Stroke

Kawasaki-Ninja-150-R-001

Yups bro, seperti kita ketahui pemerintah sudah mengeluarkan aturan mengenai standar uji emisi untuk motor baru di tahun 2015 ini. Sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 23 Tahun 2012 maka kendaraan bermotor tipe baru wajib menerapkan standar uji emisi Euro 3. Peraturan ini mulai ditegakkan pada Agustus 2015 mendatang.

Salah satu produsen yang terkena imbas dari peraturan ini tentu saja adalah Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Kenapa? Nggak lain dan nggak bukan karena KMI masih punya varian motor 2-stroke, yaitu Ninja 150 series. Motor ini sekarang hanya bisa lolos dalam uji emisi Euro 2 saja. Artinya apa? Kalau peraturan dari pemerintah itu benar-benar ditegakkan, produksi Ninja 150 bisa dihentikan. Lebih mengenaskan lagi karena Ninja 150 yang terdiri dari Ninja SS, Ninja R, dan Ninja RR adalah tulang punggung penjualan KMI. Bayangkan saja, di tahun 2014 lalu saja Ninja 150 series masih menyumbang setengah dari total penjualan KMI. Kalau Ninja 150 benar-benar stop produksi, berarti bakal jadi bencana buat KMI.

Meskipun demikian, KMI masih berupaya untuk terus menghidupkan Ninja 150 series kok sob. Hal itu terungkap dari pernyataan Wakil Kepala Departemen Penjualan dan Promosi KMI Michael Chandra Tanadhi kepada Kompas Otomotif. Nah, Pak Michael ini mengatakan KMI masih melakukan riset dan mencari cara agar Ninja 150 series lolos uji emisi Euro 3. Kelanjutan project Ninja 150 series memang belum diputuskan, tapi peluang kelangsungan hidup Ninja 150 series berada di angka 70 persen. “Segera akan diputuskan, tinggal waktunya saja nanti,” ungkap Michael.

Ada kabar yang mengatakan KMI sudah sukses membuat Ninja 150 lolos uji emisi Euro 3. Ntah bagaimana caranya, mungkin dengan pemasangan catalytic converter. Sayangnya, hal itu membuat tenaga si Ninja 150 anjlok dari yang sekarang sekitar 30 PS menjadi hanya 25,5 PS saja. Tentu penyunatan tenaga bakal mencederai nama besar Ninja 150 yang sudah terkenal kencang dengan harga yang relatif murah. Ini bakal jadi PR buat KMI. Selain itu, KMI juga punya PR lainnya. Apa tuh? Masalah emisi suara sob. Memang KMI kabarnya sudah berhasil meloloskan Ninja 150 di uji emisi Euro 3, namun si motor bengis ini belum lolos uji emisi suara. Ya, tau sendiri suara Ninja 150 khas motor 2-stroke, memang agak berisik.


Advertisements