Impression Review: VIAR Cross X 250 SE yang Tampil Gagah


Test-Ride-VIAR-Cross-X-250-SE-001

Sobat Adventuriderz, sudah tau dong dengan VIAR Cross X 250 SE? Motor trail flagship yang dijual oleh pabrikan lokal asal Semarang, VIAR Motor Indonesia. Apalagi motor yang satu itu juga sudah sangat sering dibahas di blog ini. Tentu sebagai pengelola blog ini Adventuriderz juga sangat penasaran dengan VIAR Cross X 250 SE.

Nah, Senin (20/4/2015) lalu Adventuriderz mendapatkan ajakan untuk mencicipi ketangguhan motor trail terbaru dari VIAR itu. Tentu saja ajakan itu akan sangat sayang kalau dilewatkan. Nggak tanggung-tanggung lho, ada tiga unit motor yang diboyong dari Semarang untuk diuji coba, terdiri dari satu unit Cross X 200 SE dan dua unit Cross X 250 SE, dengan lokasi uji coba di lautan pasir Gunung Bromo. Adventuriderz sendiri hanya coba varian Cross X 250 SE karena yang varian Cross X 200 SE sedang kurang sehat. Mungkin lain kali bisa ada kesempatan lagi untuk mencoba.

Pertama kali bertemu dengan Cross X 250 SE, tentu saja Adventuriderz terpesona dengan penampilannya yang sangat garang dan gagah. Secara desain, Cross X 250 SE ini cukup mirip dengan Honda CRF250X yang merupakan motor bergenre enduro. Motor terlihat sangat jangkung. Apalagi suspensi depan sudah mengaplikasikan model upside down (USD) sehingga tampak kekar. Sasis yang mengusung model twin spar juga sangat mendongkrak tampilan Cross X 250 SE.

Kalau ngomongin penampilan, dijamin deh Cross X 250 SE sangat josss dan nggak akan kalah dibandingkan dengan motor-motor trail enduro 250 cc buatan brand Jepang atau Eropa. Bagaimana kalau disandingkan dengan Kawasaki KLX150L milik Adventuriderz? Sudah jelas Kawasaki KLX150L terlihat kebanting sob. Kaki-kaki Cross X 250 SE jauh lebih kekar dan dari segi ukuran Cross X 250 SE lebih jangkung.

Ukurannya yang cukup tinggi memang menjadi petaka bagi rider bertinggi badan kurang dari 170 cm. Tapi itu hanya masalah kebiasaan saja. Kalau skill sudah memadai, memakai motor tinggi dengan jinjit balet pun bukan lagi masalah. Beruntung Adventuriderz memiliki postur tubuh yang cukup tinggi, mencapai 180 cm. So, saat menunggangi Cross X 250 SE tidak ada kendala berarti. Kaki masih bisa menapak nyaris sempurna sob! Bagaimana dengan performa Cross X 250 SE? Nantikan ulasannya di postingan berikutnya ya!


Advertisements