VIAR Cross X 200 SE Pakai Ban Dual Purpose Swallow SB 117, Keren Juga!


VIAR-Cross-X-200-SE-003

VIAR Cross X 200 SE walaupun dijual dalam bentuk on the road tapi sudah dilengkapi dengan ban pacul IRC IX-09W dengan diameter 18 inch pada bagian belakang dan IRC IX-05H berdiameter 21 inch di bagian depan. Kalau untuk trabas, sobat sekalian nggak perlu ganti ban lagi karena ban itu sudah enduro ready.

Akan tetapi, kalau sobat membeli VIAR Cross X 200 SE untuk kendaraan harian yang mayoritas melintasi jalan aspal, penggunaan ban enduro tentu kurang pas. Pertama, tentu traksi ban enduro kurang sempurna saat berada di jalan aspal. Apalagi dalam kondisi basah sangat rawan slip. Kedua, ban enduro bakal cepat habis saat digunakan di jalan aspal karena kompon yang digunakan umumnya lunak.

Dengan berbagai pertimbangan itu, salah satu pembaca Adventuriderz.com yang sekarang tinggal di Lembang, Mas Handoko, mengganti ban standar VIAR Cross X 200 SE dengan ban dual purpose. dan ban yang dipilih oleh Mas Handoko itu adalah Swallow SB 117 yang memang harganya sangat terjangkau. Untuk ukuran, Mas Handoko masih mempertahankan rim standar dengan kombinasi 18-21 inch. Artinya apa? Yang diganti cuma karet bundarnya saja, tanpa mengganti rim. Cukup efisien dan murah!

Bagaimana hasilnya? VIAR Cross X 200 SE dengan ban Swallow SB 117 tetap terlihat ganteng. Dengan tetap mempertahankan rim 18-21, motor masih jangkung dan gagah. Nggak mengurangi kegagahan sama sekali. Beda cerita kalau diganti dengan rim 17-17 model motard misalnya, motor jadi terlihat cebol. Ini sih nggak ada perubahan penampilan. Motor pun jadi lebih nyaman saat digunakan untuk melibas jalan aspal, durabilitas ban juga jauh lebih bagus. Paling nggak jadi lebih jarang ganti ban. Efek negatifnya ya performa motor di jalur off road berkurang drastis. Tapi masih cukup oke lah buat dipakai di jalur off road ringan. Gimana sob, tertarik mengganti ban Cross X-mu dengan ban dual purpose? Adventuriderz sih sudah berancang-ancang ganti ban Si Belalang Tempur dengan Swallow SB 117 ukuran 18-21 inch seperti ini. Semoga saja nggak berubah pikiran. Hehehe…

VIAR-Cross-X-200-SE-004


Advertisements