KTM Freeride E-SM Diluncurkan, Kapan Masuk Indonesia?

KTM-Freeride-E-SM-001

Kabar bagus datang dari pabrikan motor asal Austria, KTM, nih sob. Brand yang identik dengan warna orange itu telah meluncurkan KTM Freeride E-SM, sebuah motor bertipe motard tapi mesin bertenaga listrik. So, KTM Freeride E-SM menjadi varian terbaru dalam keluarga Freeride yang bermesin elektrik. Sebelumnya KTM sudah memiliki beberapa model Freeride, hanya saja seluruhnya bertipe dirt bike dan baru kali ini ada versi motard-nya.

Pada dasarnya desain KTM Freeride E-SM sama persis dengan varian dirt bike KTM Freeride E-XC dan E-SX. Bahkan mesin yang digunakan juga sama persis. Sama-sama bisa mengeluarkan tenaga maksimal 22 HP di putaran mesin 4.500 rpm dan torsi sebesar 42 Nm. Uniknya, torsi sebesar itu didapatkan sejak 0 rpm, sehingga torsinya begitu nampol sejak pertama kali betot gas. Bedanya terletak pada ban, di mana KTM Freeride E-SM menggunakan ban jalan raya tapak lebar dengan diameter rim 17 inch.

Lalu, apa sih yang asyik dari KTM Freeride E-SM? Tentu saja power dan torsi yang cukup gila untuk sebuah motard kecil. Apalagi motor ini nggak ada suaranya alias silent, plus tanpa kopling dan tanpa perlu menggunakan transmisi. Mirip lah seperti motor bertransmisi otomatis. Tinggal betot gas langsung ngacir nyaris tak terdengar. Rider pun tak perlu repot-repot mengisi bahan bakar karena KTM Freeride E-SM menggunakan bahan bakar listrik yang bisa dicolok di rumah. Selain itu, KTM Freeride E-SM sangat bersahabat bagi lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi gas buang. Sayangnya berbagai keunggulan itu harus ditebus dengan harga yang nggak murah.

Walaupun sudah diluncurkan, KTM belum mengumumkan berapa bandrol KTM Freeride E-SM. Namun sejumlah rumor mengatakan KTM Freeride E-SM akan dibandrol di rentang harga yang berdekatan dengan versi dirt bike, yaitu sebesar US$ 14.625 atau Rp 190 jutaan. Kapan masuk ke Indonesia? Belum tahu kapan, karena hingga sekarang pun KTM Indonesia belum memasarkan motor listrik KTM Freeride series. Bisa jadi KTM Indonesia belum tertarik memasarkan motor listrik karena harganya yang memang kurang bersahabat dan motor listrik juga belum begitu dikenal oleh konsumen Indonesia.

KTM-Freeride-E-SM-002


Advertisements