Tips Bok*ng Anti Panas Saat Riding Jarak Jauh dengan Motor Dual Sport

riding-adventure-apparel-004

Sobat tahu dong kalau kebanyakan motor dual sport, apalagi yang berkubikasi rendah seperti Kawasaki KLX150, Kawasaki KLX250, VIAR Cross X 200 SE, dan motor-motor sejenis itu, memiliki jok yang sempit dan tipis. Ini tentu menjadi bencana bagi rider yang menggunakan motor dual sport untuk perjalanan jarak jauh. Untuk perjalanan jarak dekat aja udah bikin bok*ng panas, gimana kalau perjalanan jarak jauh? Iya kan?

Lalu bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi efek bok*ng panas saat riding jarak jauh menggunakan motor dual sport? Adventuriderz yang sudah lama menggunakan motor dual sport Kawasaki KLX150L dan sering menggunakannya untuk riding jarak jauh bakal berbagi tips buat kalian nih sob! Apa saja tipsnya? Monggo disimak ya!

1. Pakai boxer ketat, jangan gunakan celana dalam model segitiga

Ini sebenarnya faktor yang sangat krusial tapi jarang sekali diperhatikan. Sebaiknya sobat jangan menggunakan celana dalam model segitiga, melainkan menggunakan celana dalam yang lebih panjang lagi yang mirip seperti boxer tapi ketat. Kalau menggunakan celana dalam segitiga yang sangat banyak dijumpai di pasaran dan banyak digunakan oleh cowok-cowok Indonesia, pinggiran celana dalam yang lebih tebal persis berada di lipatan bok*ng. Saat duduk di jok, pinggiran celana dalam ini kita duduki, dan itu yang salah satu penyebab riding jadi nggak nyaman, lebih cepat terasa panas di bagian bok*ng. Beda cerita kalau menggunakan celana dalam yang lebih panjang, karena pinggiran celanda dalam yang lebih tebal tepat berada di bagian paha.

2. Gunakan riding pants yang punya lapisan tebal

Sekarang ini sudah banyak brand yang menjual riding pants dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 500.000 hingga jutaan. Sobat tinggal sesuaikan saja pilihan dengan kantong. Tapi yang perlu diperhatikan, sebaiknya pilih riding pants yang punya lapisan tebal di bagian bok*ng. Biasanya riding pants yang bagus punya lapisan busa tipis di bagian bok*ng ini. Lumayan juga untuk memberikan kenyamanan saat riding jarak jauh. Kurang dianjurkan menggunakan celana jeans.

3. Modifikasi jok

Ini adalah cara terakhir yang bisa dilakukan, yaitu dengan memodifikasi jok motor. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk memodifikasi jok, mulai dari menambah lapisan jok, menambah busa, hingga mengganti dengan jok yang lebih nyaman seperti Sargent Seat. Mana yang bakal sobat tempuh? Ya tergantung dengan kocek yang ada. Tapi yang pasti, membeli Sargent Seat harganya nggak murah sama sekali, mencapai lebih dari Rp 5 juta. Paling murah ya menambah lapisan atau menambah busa di tukang jok pinggir jalan.

Sepertinya itu saja tips yang bisa Adventuriderz berikan. Sudah cukup efektif kok mengurangi rasa panas di bok*ng saat riding ratusan kilometer nonstop. Sebenarnya tips ini nggak cuma berlaku untuk para rider motor dual sport, tapi juga bisa diaplikasikan untuk rider motor apapun jenisnya. Mungkin ada di antara sobat yang punya tips lainnya? Monggo ditambahkan saja!