Weleh… Honda CRF1000L Africa Twin Kok Sangar Tenan!

Honda-CRF1000L-Africa-Twin-001

Honda sebelumnya memamerkan prototipe sebuah motor adventure di pameran otomotif EICMA Milan pada November 2014. Kini Honda sudah nggak malu-malu lagi menampilkan calon motor adventure terbarunya itu. Bahkan ada dua foto yang bereda di dunia maya terkait dengan calon motor yang disebut-sebut sebagai Honda CRF1000L Africa Twin.

Yups, bisa dikatakan dua foto yang muncul di jagad dunia maya itu merupakan teaser yang diberikan oleh Honda. Honda Africa Twin yang terbaru ini lebih terinspirasi dari varian CRF dibandingkan dengan Africa Twin lama yang menggunakan mesin XRV750 V-twin. Jadi, Honda Africa Twin terbaru membuang mesin V-twin dan lebih memilih menggunakan mesin parallel twin.

Mengusung desain sebagai motor adventure, penampilan Honda CRF1000L Africa Twin memang sangat keren! Tampilan pada bagian headlamp sangat futuristis dengan lampu putih yang sepertinya sudah menggunakan tipe LED. Suspensi depan berwarna emas, terlihat seperti suspensi upside down. Windshield tinggi juga sangat menegaskan kalau Honda CRF1000L Africa Twin merupakan penjelajah yang siap melibas berbagai kondisi, baik on road maupun off road.

Bagi sebagian adventure riders, motor dengan kapasitas 450-600 cc merupakan teman yang sangat tepat untuk melakukan kegiatan adventure. Tapi tentu saja Honda CRF1000L Africa Twin menjanjikan banyak hal yang sulit didapatkan oleh motor-motor dengan kubikasi lebih rendah. Mesinnya yang lebih besar tentu saja akan membuat Honda CRF1000L Africa Twin lebih nyaman digunakan untuk kondisi on road dan masih cukup oke dipakai di jalur off road ringan. Kelemahannya Honda CRF1000L Africa Twin dipastikan memiliki kemampuan off road yang rendah, khususnya pada medan yang sulit. Kalau mau disandingkan, mungkin Honda CRF1000L Africa Twin ini bakal head to head dengan Suzuki V-Strom 1000, bedanya Suzuki V-Strom 1000 menggunakan mesin V-twin.

Kapan Honda CRF1000L Africa Twin resmi diluncurkan? Masih tahun depan sob. Honda CRF1000L Africa Twin juga sangat mungkin masuk ke pasaran Indonesia di masa yang akan datang karena Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM memang sedang cukup bergairah dalam memasarkan moge. Apalagi konsumen di Indonesia juga sedang cukup keranjingan dengan motor-motor adventure. Terbukti penjualan BMW R 1200 GS masih saja laris manis.

Honda-CRF1000L-Africa-Twin-002


Advertisements