• Home »
  • Article »
  • VIAR Cross X 250 SE Road Legal Akan Dilengkapi Sistem Pembakaran Injeksi

VIAR Cross X 250 SE Road Legal Akan Dilengkapi Sistem Pembakaran Injeksi


Factory-Visit-VIAR-Motor-Indonesia-019

Well, Adventuriderz mau buka satu bocoran lagi nih sob tentang produk top of the line dari VIAR. Apa lagi kalau bukan Cross X 250 SE yang sedang menjalani uji tipe di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk mendapatkan sertifikasi sebagai motor yang legal digunakan di jalan raya (Baca: VIAR Cross X 250 SE Road Legal Dalam Proses Uji Tipe, Butuh Waktu 6 Bulan).

Sobat tahu sendiri kan, Cross X 250 SE yang dijual sekarang hanya dalam bentuk off the road. Artinya motor itu nggak legal digunakan di jalan raya dan hanya bisa digunakan di area sirkuit tertutup maupun untuk keperluan enduro. Untuk memperluas pasar dan memfasilitasi konsumen yang ingin membeli Cross X 250 SE secara kredit, maka VIAR berencana mengeluarkan Cross X 250 SE road legal (Baca: Mungkin Ini Alasan VIAR Ingin Jual Cross X 250 SE Road Legal).

Sebuah informasi yang Adventuriderz dapatkan dari Research & Development Manager PT Triangle Motorindo Pak Heru Sugiantoro yang sudah tentu punya keakuratan sangat tinggi, produk Cross X 250 SE road legal yang sedang melakukan uji tipe itu menggunakan sistem pembakaran injeksi sob! Wah sebuah terobosan yang sangat bagus nih mengingat Cross X 250 SE versi off the road masih mengandalkan sistem pembakaran karburator.

Awalnya Adventuriderz garuk-garuk kepala saat mendengar kabar VIAR mendaftarkan uji tipe Cross X 250 SE agar bisa menjadi motor road legal. Kenapa? Cross X 250 SE menggunakan karburator Dell’orto 34 mm sebagai sistem pembakaran sehingga membuat motor ini memiliki tenaga dan torsi yang begitu bengis. Performa menawan itu sudah Adventuriderz uji di Bromo beberapa waktu yang lalu (Baca: Test Ride VIAR Cross X 250 SE, Performanya Melebihi Ekspektasi).

Dalam benak Adventuriderz cuma satu, apa mungkin Cross X 250 SE lolos uji emisi Euro 3 sebagai syarat kendaraan road legal dengan performa dan konfigurasi mesin seperti ini? Apalagi suara knalpot Cross X 250 SE juga cukup menggelegar. Apa bisa lolos uji emisi suara? Sekarang satu per satu pertanyaan Adventuriderz itu sudah mulai terjawab, Cross X 250 SE road legal bakal menggunakan sistem pembarakan injeksi yang jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan versi karbu. Dengan sistem injeksi Cross X 250 SE road legal yang sedang melakukan uji tipe memang sangat mungkin lolos uji emisi Euro 3 yang menjadi standar baru bagi kendaraan buatan tahun 2015. Wes gamblang tho?


Advertisements