April 2015, Penjualan Kawasaki Nyungsep… Ada Apa Ya?


Kawasaki

Bulan April menjadi rapor yang buruk bagi pabrikan yang identik dengan warna hijau, Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Pasalnya, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Kawasaki hanya membukukan distribusi sepeda motor sebanyak 5.679 unit!! Artinya, penjualan Kawasaki di bulan April itu merosot sangat tajam sob, karena pada Maret 2015 Kawasaki masih berhasil mendistribusikan sebanyak 16.162 unit. Kira-kira kenapa ya?

Sebenarnya penjualan seluruh pabrikan memang mengalami penurunan. Namun, hasil yang ditorehkan Kawasaki ini di luar kebiasan. Di bulan-bulan sebelumnya Kawasaki masih bisa mendistribusikan sekitar 13.000 unit motor. Malah biasanya angka 5.000 unit itu hanya penjualan dari Ninja 150 saja, tapi di bulan April lalu 5.000-an unit merupakan distribusi secara total. Jika Maret distribusi Kawasaki bisa mengalahkan Suzuki, di bulan April Suzuki kembali menumbangkan Kawasaki. Mumeeett!

Adventuriderz sih nggak begitu paham kenapa penjualan Kawasaki bisa nyungsep begitu parah. Bisa jadi karena pertumbuhan ekonomi sedang lesu. Apalagi produk yang dijual oleh Kawasaki kebanyakan adalah produk premium 250 cc ke atas dengan rentang harga antara Rp 50 juta sampai Rp 350 juta. Segmen ini masih rawan terpengaruh oleh resesi ekonomi. Produk-produk Kawasaki pun bukanlah produk yang sangat eksklusif seperti layaknya MV Agusta atau produk premium seperti BMW yang malah tidak begitu terpengaruh oleh melemahnya pertumbuhan ekonomi. Kawasaki memang punya produk entry level seperti KSR110, KLX150, hingga Ninja 150. Tapi tetap saja produk-produk itu tergolong mahal harganya. Jadi menurutmu kira-kira apa ya sob penyebab anjloknya penjualan Kawasaki?


Advertisements