• Home »
  • Article »
  • Hobby Motor Ingin Lokalkan SOIB Adventure 400, Harga Bisa Lebih Murah?

Hobby Motor Ingin Lokalkan SOIB Adventure 400, Harga Bisa Lebih Murah?

SOIB-Adventure-400-007

Beberapa bulan yang lalu Adventuriderz sempat membuat postingan mengenai SOIB Adventure 400 yang dimasukkan ke Indonesia oleh Hobby Motor (Baca: SOIB Adventure 400 Hadir di Indonesia… Seperti Ini Detailnya!). SOIB Adventure 400 mungkin menjadi satu-satunya motor adventure-tourer dengan harga paling terjangkau di Indonesia. Rasanya nggak ada motor adventure-tourer yang lebih murah dari SOIB Adventure 400 yang dibandrol dengan harga Rp 75 juta off the road di Jakarta.

Sekarang ini Hobby Motor mendatangkan SOIB Adventure 400 secara terurai (completely knock down/CKD) dari Mash Motorcycle yang ada di Perancis, kemudian merakitnya di Indonesia. Adventuriderz sendiri agak bingung kenapa Hobby Motor mesti impor jauh-jauh dari Perancis. Padahal motor itu sendiri sebenarnya asal muasalnya dari China, yaitu Shineray XY400GY. Kok nggak ngambil dari China aja ya yang lebih dekat? Tapi kadang importir umum (IU) seperti Hobby Motor memang mengambil langkah-langkah ajaib yang sulit dimengerti orang awam.

Dari yang awalnya CKD, dalam waktu tiga tahun mendatang Hobby Motor ini memproduksi SOIB Adventure 400 secara lokal. Paling tidak pada dua tahun ke depan, kandungan konten lokal akan mencapai 30 persen, sedangkan yang 70 persen masih akan didatangkan secara impor. Hobby Motor memiliki target cukup ambisius dengan memproduksi SOIB Adventure 400 secara lokal seutuhnya dalam tiga tahun ke depan.

“Saat ini masih kami ambil dari Perancis, kemudian kami rename menjadi SOIB. Saya berencana untuk memproduksi motor SOIB secara nasional. Kami masih rakit motor SOIB Completely Knock Down (CKD) dan  sedang mempersiapkan pabrik di kawasan Serpong Tangerang. Saya berharap tiga tahun ke depan, SOIB bisa jadi motor yang diproduksi sepenuhnya di Indonesia,” ujar pemilik Hobby Motor Michael Syofyan.

Kalau memang jadi diproduksi di Indonesia, kita sih cuma bisa berharap harga SOIB Adventure 400 bisa lebih murah dengan kualitas material yang sama baiknya atau malah bisa lebih baik. Kalau nggak bisa mengurangi harga jual ya nggak ada benefitnya bagi konsumen mau diproduksi secara lokal maupun impor. Iya nggak? Oh ya, selain SOIB Adventure 400, Hobby Motor juga punya SOIB Racer 400 yang bergaya classic. Antara SOIB Adventure 400 dan SOIB Racer 400 memiliki mesin yang sama, hanya desainnya saja yang berbeda.


Advertisements