Ingin Camping Saat Riding Adventure? Ini Pilihan Tendanya!


Zongshen RX3 6

Melakukan kegiatan riding adventure akan semakin lengkap aura adventure-nya jika kita sekaligus camping sob. Camping di area pegunungan atau di tepi danau dengan pemandangan sekeliling yang cantik tentu akan memberikan keunikan tersendiri dan kesan yang cukup mendalam pada sebuah kegiatan adventure.

Untuk camping, tentu saja kita membutuhkan tenda. Di pasaran ada banyak berbagai tipe tenda dengan berbagai macam ukuran dan harga. Ada tenda yang memang dibuat khusus untuk adventure dengan motor, ada pula tenda yang digunakan untuk outdoor adventure biasa. Mana yang mesti dipilih? Tentu saja sangat tergantung dari kebutuhan dan budget kita. Mau tenda ukuran kecil atau besar? Mau yang simple atau yang ribet? Mau yang murah atau yang mahal? Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kali ini Adventuriderz mau berbagai nih mengenai tenda yang bisa sobat pilih untuk camping pada saat riding adventure. Tentu saja tenda-tenda ini sudah dipasarkan di Indonesia dong.. Apa saja mereka? Mari disimak!

1. Tenda Badak Hitam

Bisa dikatakan tenda dengan merk Badak Hitam yang diproduksi oleh rider asal Malang, Jawa Timur, paling simple untuk kegiatan riding adventure. Kenapa? Pemasangannya sangat mudah karena memang tenda yang benar-benar dibuat untuk kegiatan riding adventure. Cukup menyantolkan tali pada bagian motor, seperti stang dan behel belakang, kemudian pasak pada masing-masing sudut ditancapkan ke tanah. Beres sudah!!

Tenda ini nggak menganut sistem frame, sehingga pemasangan begitu mudah dan pengemasan sangat ringkas, serta nggak menghabiskan banyak space dalam kondisi terpasang. Salah satu hal yang nggak kalah penting, Tenda Badak Hitam sangat ringan dan mudah dibawa kemana-mana.ย Cuma Adventuriderz sendiri belum dapat informasi lebih lanjut bagaimana kekuatan tenda ini dalam menghadapi cuaca buruk. Berapa sih kapasitas? Ya tentu saja terbatas, hanya sampai dua orang saja. Toh itu sudah lebih dari cukup kalau misalnya pergi dengan boncenger. Tenda yang satu ini dibandrol dengan harga Rp 350.000.

Tenda-Badak-Hitam-001

2. Tenda Eiger Storm 1

Pada dasarnya, Eiger Storm 1 bukanlah tenda untuk kegiatan riding adventure, melainkan untuk outdoor adventure. Tapi nggak ada salahnya juga toh masuk dalam pilihan di sini karena tenda yang benar-benar didedikasikan untuk riding adventure di Indonesia ini sangat terbatas. Eiger Storm 1 merupakan tenda yang ringan, dengan berat yang hanya 2,7 kilogram, Eiger Storm 1 cukup mudah dibawa ke mana-mana dan nggak menghabiskan banyak space.

Eiger Storm 1 memiliki ukuran 260 cm x 240 cm x 100 cm dan hanya bisa menampung satu orang saja. Lumrah sih karena ini memang tipe tenda yang ringan. Mungkin kalau dipaksakan bisa lah menampung dua orang. Tenda yang satu ini juga nggak menghabiskan banyak space saat sudah dalam kondisi terpasang. Konon pemasangannya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh satu orang dengan cepat, meskipun memang bakal lebih ribet kalau dibandingkan dengan Tenda Badak Hitam. Keuntungannya, Eiger Storm 1 jauh lebih kokoh, bahkan saat hujan badai menghadang sekalipun.

Harga Eiger Storm 1 kalau nggak salah sih sekitar Rp 850.000. Dengan harga yang nggak terlalu mahal itu sobat sudah bisa mendapatkan tenda yang sudah teruji untuk kegiatan outdoor adventure yang biasa digunakan oleh para pendaki gunung. Alternatif lainnya, sobat bisa menggunakan tenda dome Eiger Storm 2 dengan harga serupa. Bedanya hanya terdapat pada bentuk tenda dan kapasitas Eiger Storm 2 bisa menampung hingga dua orang. Dari segi bahan sih sepertinya sama saja.

Tenda-Eiger-Sorm-001

3. Tenda Donimoto Ekspedisi Nusantara

Mungkin Tenda Donimoto Ekspedisi Nusantara ini merupakan tenda buatan lokal kedua yang didedikasikan bagi para rider adventure setelah Tenda Badak Hitam. Berbeda dengan Tenda Badak Hitam yang sangat minimalis, Tenda Donimoto Ekspedisi Nusantara berukuran cukup besar. Panjang tenda ini mencapai 5 meter dengan lebar 2 meter. Tingginya pun cukup lumayan karena rider bisa berdir dengan sempurna saat berada di dalam tenda.

Ukuran tenda yang besar sebenarnya bisa menjadi keunggulan dan kelemahan sekaligus. Keunggulannya tentu karena kapasitasnya besar, yaitu dua orang dan satu motor. Yups, betul sob nggak salah lagi, motornya pun bisa ikutan masuk ke dalam tenda!! Ini adalah inovasi yang sangat menarik, rider yang sayang dengan motornya nggak mau meninggalkan motor kepanasan dan kehujanan di luar. Nah, kalau motor ditaruh di luar, tenda ini mungkin bisa menampung empat sampai lima orang sekaligus. Kelemahannya, dengan ukuran yang besar tentu pemasangan menjadi lebih ribet, membutuhkan area luas untuk mendirikan tenda, dan packaging tenda cukup besar.

Berapa harga untuk sebuah Tenda Donimoto Ekspedisi Nusantara? Dibandingkan dengan tenda-tenda yang sudah Adventuriderz sebut sebelumnya, tenda ini memang memiliki bandrol harga paling mahal. Sobat bisa menebusnya dengan Rp 3.000.000 melalui sistem pre-order alias nggak ready stock. Jadi kalau sobat berminat membeli Tenda Domimoto Ekspedisi Nusantara, pesan dulu baru kemudian dibuatkan. Mau pesan Tenda Donimoto Ekspedisi Nusantara? Monggo hubungi Adventuriderz saja di nomor WhatsApp 085729090909. Kontak lengkap ada di kolom footer di bawah kok.

Tenda-Donimoto-Ekspedisi-Nusantara-001


Sebenarnya masih banyak pilihan tenda dengan berbagai pilihan harga. Bahkan tidak sedikit tenda yang dijual dengan harga mulai Rp 200.000 hingga jutaan. Tapi memang kebanyakan adalah tenda untuk outdoor adventure. Nggak ada salahnya kok digunakan untuk camping saat riding adventure. Yangย  penting kan fungsinya sama saja. Mau pilih yang mana ya terserah, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kantong, yang penting riding adventure menjadi lebih seru dan menyenangkan, bahkan mungkin bisa menjadi kisah yang nggak akan terlupakan.

*Note: Photo copyright by respective owners


Advertisements