Tua-Tua Keladi, Umur 83 Tahun Mau Touring Sejauh 10.000 Km

83-year-old-plans-to-take-his-norton-on-10000-km-cross-continent-trip_1

Luar biasaaaa!! Itulah kalimat yang pantas diungkapkan kepada Gil Yarrow, pria asal Kanada yang sudah berusia 83 tahun. Di usianya yang sudah tergolong senja, Yarrow masih punya passion untuk riding dengan motor kesayangannya. Rencana yang akan dilakukannya dalam waktu dekat ini adalah touring menggunakan motor classic Norton Commando dari tempat tinggalnya di Vancouver, Canada, menuju tempat digelarnya acara International Norton Owners Association (INOA) di North Carolina, Amerika Serikat, seperti dilansir oleh Auto Evolution.

Berdasarkan rencananya, Yarrow akan riding dari Vancouver ke North Carolina bersama dengan temannya, Rick, yang mengendarai Norton Combat. Bisa dibilang Rick dan motornya ini bertugas seperti layaknya kendaraan pendukung jika diperlukan dalam touring yang dilakukan oleh Yarrow. Mereka akan menempuh jarak 4.830 kilometer antara Vancouver dan North Carolina selama delapan hari, kemudian berada di sana selama lima hari, dan perjalanan kembali diperkirakan juga membutuhkan waktu selama delapan hari. Secara total, kakek yang satu ini diperkirakan akan menempuh perjalanan sejauh 10.000 kilometer. Sebuah catatan yang luar biasa bagi pria yang sudah senja.

Passion Yarrow terhadap motor sebenarnya sudah sejak dia remaja, ketika mendapatkan motor pertamanya di usia 19 tahun. Norton Commander yang akan digunakan pada touring 6 Juli nanti juga bukanlah motor satu-satunya dalam garasi Yarrow. Setidaknya di dalam garasi Yarrow terdapat enam motor, di antaranya Norton Commando (1971), Ducati Superspot 900 (1998), Kawasaki KLR650, Yamaha FJ1100, BSA Super Rocket (1960), dan Triumph T120 Bonneville (1968). Edaaaan!! Koleksi si mbah yang satu ini bener-bener sangar ya? Mulai dari motor classic, adventure, hingga sport tulen juga ada.

Oh ya, jangan pernah mengganggap remeh Yarrow ya, karena dia tergolong sebagai rider yang hardcore. Nggak percaya? Pada tahun 2005 saat berusia 73 tahun, Yarrow mengikuti Ironbutt Rally dengan menempuh jarak sejauh 17.700 kilometer dalam waktu 11 hari menggunakan Yamaha FJR. Coba deh hitung, berapa kilometer rata-rata yang ditempuh setiap hari? 1.609 kilometer!! Sinting nggak tuh. Hayo siapa di antara sobat yang pernah menempuh lebih dari 1.000 kilometer dalam waktu sehari? Sangat langka kan? Nah, mungkin touring menuju acara International Norton Owners Association (INOA) ini menjadi touring terakhir bagi Yarrow. Bisa dikatakan sebagai acara perpisahan lah sebelum dia benar-benar pensiun dari dunia otomotif. Selamat Yarrow, semoga nggak ada kendala dalam perjalanan nanti… Salute!!


Advertisements