Trail Minimoto dari VIAR Bakal Meluncur, Siap Meminang??

Viar-minimoto

Kabar mengenai akan hadirnya trail minimoto dari pabrikan asal Semarang sebenarnya bukanlah hal yang baru. Adventuriderz pertama kali mendengar selentingan kabar ini sejak tiga bulan yang lalu. Namun waktu itu kabarnya masih cukup buram, belum begitu terang. Sekarang kabar yang mengatakan VIAR akan menjual trail minimoto secara perlahan sudah mulai terang. Salah satunya dihembuskan oleh sumber Kang Iwan Banaran yang mengatakan bahwa minimoto dari VIAR sedang dalam proses R&D. Bahkan sumber itu melampirkan foto calon minimoto yang berasal dari akun Facebook ‘Sparepart Viar’ yang notabene adalah milik salah satu dealer motor VIAR.

Dari kunjungan Adventuriderz ke pabrik VIAR dua minggu lalu (Baca: Mengintip Proses Perakitan Motor Trail Cross X Series di Pabrik VIAR), Adventuriderz memang mendapatkan informasi VIAR berencana memasarkan trail minimoto dengan kubikasi 100 cc 4-stroke. Unit motor itu sendiri belum ada di pabrik saat Adventuriderz berkunjung ke sana. Tapi mungkin kalau mau membayangkan ya kurang lebih seperti yang ada di foto itu. Ukurannya kecil, mesin tidur seperti mesin motor bebek, dan berpendingin udara. Menariknya di foto itu motor mungil sudah dilengkapi dengan suspensi upside down.. Joss bangeett!

Berdasarkan sumber Adventuriderz, minomoto sudah dalam proses shipping dari China menuju Semarang. Jumlahnya mungkin sekitar 30 unit saja dan akan tiba sekitar akhir Mei 2015. Lho kok cuma sedikit? Ya tahap awal memang untuk tes pasar terlebih dahulu, nanti kalau memang permintaan banyak baru masukin yang lebih banyak lagi. Impor yang dilakukan VIAR ini bukan dalam bentuk utuh (CBU) lho ya, melainkan dalam bentuk terurai (CKD). Setelah sampai di Semarang barulah dirakit di pabrik. Monggo tengok saja bagaimana perakitan motor VIAR pada link di atas.

Kalau menurut pendapat Adventuriderz, trail minimoto ini ditargetkan untuk anak-anak yang ingin berlatih motor garuk tanah di sirkuit motocross. Jadi bukan motor bagi rider yang sudah dewasa. Artinya, minimoto dari VIAR ini nanti nggak bisa dibandingkan dengan Kawasaki KSR110. Meskipun sama-sama berukuran mungkin, Kawasaki KSR110 bukanlah motor untuk anak-anak. So, bagi orang tua yang ingin mulai memperkenalkan motor garuk tanah kepada anak-anaknya sejak dini, mungkin bisa menunggu kehadiran trail minimoto dari VIAR. Pasar ini memang masih memiliki peluang yang cukup baik karena hanya sedikit pabrikan yang bermain. Ingin meminang minomoto dari VIAR? Mungkin sobat perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 8-10 juta. Harga tersebut memang belum pasti, karena unitnya sendiri belum ada. Tapi ancer-ancernya di angka itu…


Advertisements