Gas Gas Bangkrut, Gimana Kelanjutan Nasibnya?

Gas Gas, sessió a Espinelves de la EC Cami 250.

Persaingan yang ketat antar pabrikan kembali membawa korban. Kali ini kabar buruk datang dari Gas Gas Motos, sebuah pabrikan asal Spanyol yang dikenal sebagai produsen motor off road seperti trial dan enduro, dinyatakan bangkrut karena tidak mampu membayar utang-utangnya yang sudah terlampau besar. Lalu, bagaimana kelanjutan bisnis dari Gas Gas Motos?

Berdasarkan sidang di Pengadilan Niaga Girona, Gas Gas Motos mempunyai utang sebesar 40 juta euro. Banco Sabadell merupakan penanggung jawab 60 persen dari utang Gas Gas Motos atau senilai 24 juta euro. Perusahaan ini juga memiliki utang sebesar 4 juta euro kepada Institut Català de Finaces (ICF), 4 juta euro kepada BBVA, dan 2,8 juta euro kepada ING.

Kejelasan nasib Gas Gas Motos sendiri masih belum jelas. Konon Gas Gas berharap bisa diakuisisi oleh pabrikan asal Austria, KTM. KTM pun dikabarkan sedang membuka peluang mengakuisisi Gas Gas, sama seperti saat menyelamatkan Husqvarna dan Husaberg. Husqvarna dan Husaberg sendiri berhasil meningkatkan penjualan KTM hingga dua kali lipat pada tahun 2014 dibandingkan dengan tahun 2012. Jika benar akuisisi terlaksana, KTM sekali lagi akan mengakuisisi brand yang sebelumnya menjadi kompetitor. Langkah ini memang cukup bagus untuk mengurangi persaingan.

Ya kita tunggu saja deh bagaimana nanti kelanjutan nasib Gas Gas. Semoga saja memang benar jadi diakuisisi oleh KTM, biar tetap hidup seperti Husqvarna sekarang ini. Apalagi brand Gas Gas sendiri sudah exist selama lebih dari 30 tahun. Patut dicatat, Gas Gas Motos berbeda dengan pabrikan lokal Gazgas di Indonesia lho ya. Produk Gas Gas Motos sendiri di Indonesia dipasarkan oleh PT EL RHINO GLOBAL yang bermarkas di Serpong. Mengenai ketersediaan spare parts setelah Gas Gas bangkrut, kita bahas di postingan berikutnya yak!


Advertisements